Menata Taman Depan Rumah, Sempit Tetap Asri

LAMANRIAU.COM – Sedang mencari inspirasi menata taman depan rumah sederhana? Keindahan sebuah rumah bukan hanya dinilai dari dekorasi dan interior dalamnya saja, namun juga bagian luar atau taman.

Memiliki taman yang indah mungkin menjadi impian sebagian besar kita. Namun, sayangnya tak semua orang memiliki lahan besar yang bisa disulap menjadi taman. Tetapi jangan khawatir, meski dengan lahan terbatas, tetap bisa memiliki area taman yang cantik, lho!

Terdapat beragam jenis inspirasi taman depan rumah yang bisa dicoba, seperti taman minimalis hingga taman yang terlihat elegan. Desain taman yang minimalis dan sederhana memancarkan kesan taman yang tertata rapi dan bersih.

Penempatan elemen-elemen yang tepat seperti tanaman, pohon, dan pot tanaman tentunya harus diperhatikan.

Membuat ukuran rumput tetap pendek dan menutupi semua area tanah membuat taman akan kelihatan segar dipandang. Jangan lupa juga untuk berikan jenis tanaman lainnya seperti pohon atau tanaman hias.

Bisa memadukan beberapa tanaman hias, seperti bunga-bunga warna-warni dan tanaman dengan daun yang ciamik. Selain itu, juga bisa menambahkan batu kerikil kecil yang biasa atau kerikil berwarna putih untuk membuat taman tampak terang.

Kamu juga bisa menanam beberapa tanaman yang tidak mudah mati dan cenderung lebih mudah dirawat. Beberapa jenis tanaman yang mudah perawatannya adalah lidah mertua, lidah buaya, cocor bebek, lily paris, nolina, aglonema, kaktus, dan masih banyak lagi.

Selain mudah dirawat, tanaman tersebut juga akan membuat teras rumah menjadi segar dalam waktu yang lama. Bisa menambahkan pohon yang rindang untuk menambah kesejukan dalam rumah. Tentunya semakin lengkap jika memasang kursi taman dan gazebo untuk bersantai menikmati suasana dan pemandangan.

Selain itu, menambahkan elemen alami lainnya juga dapat memperkuat tema tropis tradisional yang kamu inginkan.

Jika sedang berencana membuat taman dengan konsep sederhana, berikut beberapa tips yang bisa digunakan untuk menata taman depan rumah agar tertata dengan sempurna.

Pemilihan Tanaman

Taman dengan jenis tanaman apa yang Moms inginkan? Apakah taman dengan tanaman berdaun seperti lidah mertua dan kuping gajah? Atau lebih tertarik dengan taman berbunga dan tanaman herbal?

Tentukanlah jenis tanaman yang sanggup dirawat. Bila masih baru mulai memelihara tanaman, cobalah memilih jenis tanaman yang perawatannya tidak sulit.

Memilih Lokasi yang Tepat

Tanaman membutuhkan sinar matahari dan air agar dapat tetap hidup. Dilansir dari Better Homes & Garden, tanaman membutuhkan paparan sinar matahari penuh selama 6-8 jam setiap hari. Tentukan tempat yang sesuai agar tanaman bisa mendapatkan cukup sinar matahari dan dekat dengan sumber air. Dengan begitu, proses perawatannya pun akan jadi lebih mudah.

Menggunakan Paving

Warna, bentuk, dan penempatan paving taman dapat memberi kesan yang kuat untuk tampilan taman. Misalnya, paving warna hitam atau perak yang diatur dalam desain yang biasa akan membentuk latar belakang yang sempurna untuk tema modern.

Gunakan Rak Tanaman

Jika memiliki lahan terbatas, salah satu solusi yang bisa dipilih untuk menghadirkan taman yang cantik adalah menggunakan rak tanaman. Meski berada di lahan yang terbatas, penggunaan rak ini akan membuat tanaman terlihat tertata dan membuat ilusi taman terlihat luas.

Gunakan Pot Warna-warni

Dengan menggunakan tips ini, perhatian akan terfokus ke tanaman atau area fokus taman. Adanya warna-warna yang mencolok dari pot membuat seseorang akan memperhatikan taman di rumah. Selain kombinasi warna, juga bisa meletakkan pot berdasarkan ukurannya. Jadi, tanaman yang berada di taman rumah akan terlihat lebih beragam dengan warna serta ukuran pot yang bervariasi.

Air Mancur

Jika ingin menata taman depan rumah sederhana lebih bervariasi, bisa menambahkan air mancur di area tengah taman. Bisa memilih air mancur dengan 3 tingkat yang warnanya senada dengan pot atau sesuai konsep taman. Namun, jika taman di rumah berdiri di atas lahan yang terbatas, bisa memilih menggunakan air mancur yang lebih minimalis. ***

Editor: Fahrul Rozi

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews