Riau  

BKKBN Provinsi Riau Gelar Orientasi Pengelola Kampung Keluarga

BKKBN Provinsi Riau melakukan fasilitasi dan pembinaan melalui orientasi bagi pengelola Kampung Keluarga Berkualitas, Jumat (12/05/2023).

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Menindaklanjuti Instruksi Presiden Nomor 3/2022 dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan memberdayakan serta memperkuat institusi keluarga melalui optimalilasai penyelenggaraan Kampung Keluarga Berkualitas, Perwakilan BKKBN Provinsi Riau melakukan fasilitasi dan pembinaan melalui orientasi bagi pengelola Kampung Keluarga Berkualitas, Jumat 12 Mei 2023.

Diketahui target pembentukan Kampung KB di Provinsi Riau sampai dengan 2024 yaitu 1875. Hingga saat ini, total Kampung Keluarga Berkualitas di Provinsi Riau yang sudah terbentuk berdasarkan SK yakni 846, di mana sebanyak 352 Kampung KB sudah teregistrasi pada New SIGA BKKBN serta sebanyak 338 baru terinput di website Kampung KB.

“Oleh karena itu pada pertemuan ini diharapkan Kampung KB yang belum teregistrasi di New SIGA BKKBN dan website Kampung KB agar segera melakukan registrasi mengingat pentingnya Kampung KB dalam meningkatkan kualitas SDM,” sebut Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Riau, Dra Mardalena Wati Yulia, M.Si.

Selain meningkatkan kualitas SDM, Kampung KB juga berperan dalam meningkatkan mutu dan produktivitas pelaksanaan tugas dan fungsi instansi pemerintah di bidang peningkatan kualitas, mendorong efektifitas sistem dan tata laksana pelayanan dasar, serta mendorong tumbuhnya kreatifitas dan peran masyarakat dalam pembangunan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat itu sendiri.

Kaper juga menyebutkan bahwa pada kegiatan didatangkan langsung Lurah Laksamana Kecamatan Dumai Kota, yang sekaligus menjabat sebagai Ketua Pokja Kampung KB Keberkahan Bersama daerah itu.

“Kampung KB Keberkahan Bersama ini telah berhasil menjadi juara satu di Tingkat Provinsi, kemudian juga masuk 10 besar dalam ajang perlombaan Kampung KB Tingkat Nasional. Oleh karena itu pada hari ini mari kita dengarkan langsung narasumber Lurah Laksamana yang kemarin kampung KB-nya telah dikunjungi oleh tim verifikasi lapangan dari pusat,” lanjut Kaper.

Selain Lurah Laksamana, pada pertemuan ini juga dihadirkan narasumber dari Koalisi Kependudukan. Kegiatan yang diadakan di Hotel Drego Pekanbaru ini diikuti peserta yang berjumlah 68 orang, berasal dari DP3AP2KB Provinsi Riau, pengelola program Kampung KB Tingkat Kabupaten/Kota, Kepala Desa/Lurah, PKB/PLKB sebagai Pendamping Kampung KB, serta anggota Tim Kerja Kampung KB dari Perwakilan BKKBN Provinsi Riau. ***

Editor: Fahrul Rozi

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews