Riau  

Kampung KB Dumai Masuk Nominasi Terbaik se-Indonesia

Kampung KB Keberkahan Bersama ota Dumai masuk nominasi terbaik se-Indonesia.

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Riau, Dra Mardalena Wati Yulia, M.Si. Kampung Keluarga Berkualitas (Kampung KB) Keberkahan Bersama Kelurahan Laksamana Kecamatan Dumai Kota, Kota Dumai masuk dalam penilaian 10 nominasi terbaik se-Indonesia.

“Penilaian tersebut telah melewati beberapa fase penilaian yang dimulai dari tingkat Kecamatan, Kota, Provinsi, hingga nasional,” kata Mardalena Minggu 14 Mei 2023.

Ia mengatakan, Kampung Kampung KB Keberkahan Bersama tercatat sebanyak 22.400 Kampung KB di Indonesia yang mengikuti penailai kemudian mengerucut terpilih menjadi 10 Kampung KB terbaik se Indonesia dan Kampung KB Keberkahan Bersama Dumai di antaranya.

Ia menyebutkan untuk menentukan pemenang maka tim perlu melakukan verifikasi lapangan agar dapat membuktikan dan memastikan kebenaran serta kevalidan kelengkapan instrumen penilaian yang telah dikirim ke pusat sebelumnya.

“Verifikasi lapangan dilakukan dengan melibatkan seluruh elemen terkait yang telah bersinergi dengan Kampung KB Keberkahan Bersama. Tim penilai pun menanyai setiap pihak yang bertanggung jawab atas program yang dijalankan,” katanya.

Ia menjelaskan BKKBN terus melakukan pembentukan dan pengembangan Kampung KB yang dilandasi Instruksi Presiden (Inpres) nomor 3 tahun 2022 yang ditandatangani Presiden Joko Widodo pada 20 Mei 2022.

BKKBN juga melakukan penilaian dan evaluasi terhadap gerak dan kinerja Kampung KB di seluruh Indonesia yang bersempena dengan perayaan Hari Keluarga Nasional ke-30 tahun 2023.

“Khususnya Perwakilan BKKBN Provinsi Riau telah menyaring dari 393 Kampung KB hingga kemudian terpilih Kampung KB Keberkahan Bersama untuk mewakili Provinsi Riau di ajang nasional tersebut,” katanya.

Camat Dumai Kota Indra Safawi menyebutkan bahwa Kampung KB Keberkahan Bersama layak terpilih karena pergerakan lebih menonjol dari 5 kelurahan lain di Kecamatan Dumai Kota.

“Semua capaian ini tidak terlepas dari kerja sama dan kerja keras dari seluruh pihak. Yang awal dikenal dengan nama kampung narkoba, alhamdulillah sekarang semua telah berubah. Kampung KB Keberkahan Bersama ini telah menjadi embrio atau motivasi dari lintas sektor dan OPD lain untuk bergerak bersama,” katanya.

Ia menyebutkan Kampung KB ini mampu melahirkan kampung kampung lain seperti Kampung Bersinar (bersih narkoba), Kampung Wisata Bahari, Kampung Sicantik (cinta statistik), serta Kampung Tangguh Anti Narkoba.

Ia mengatakan berkat sinergi semua pihak dalam membangun Kampung KB ini, narkoba di tahun 2023 di Kota Dumai nihil.

Selain itu banyak Program Kampung KB Keberkahan Bersama ini, diantaranya Kepiting Kas Manis (Kecamatan Peduli Stunting keluarga berkualitas menjadikan anak dan ibu sehat), Gazing (gasebo infak stunting), Dapur Sehat Atasi Stunting (Dashat), serta Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Akseptor (UPPKA).

Alhamdulillah pembentukan dan operasional Kampung KB ini sudah sesuai dengan Inpres nomor 3 tahun 2022 dan diperkuat dengan Surat Edaran Gubernur Riau yang kemudian ditindaklanjuti oleh SK dari Wali Kota sehingga saat ini Kota Dumai telah berhasil membentuk 36 Kampung KB yang berada di setiap Kelurahan,” kata Kepala BKKBN Perwakilan Riau Mardalena.

Ia pun berharap Kampung KB Keberkahan Bersama Kota Dumai setelah mendapat kunjungan dari tim penilai BKKBN RI dan Menko PMK untuk verifikasi lapangan bisa menjadi juara di tingkat Nasional.

“Penilaian Kampung KB telah dilaksanakan sejak 24 Maret 2023 serentak diawali dengan seleksi wawancara hingga verifikasi lapangan,” kata Ketua Tim Penilai Eli Kusnaeli. ***

Editor: Fahrul Rozi

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews