Riau  

BKKBN Riau Gelar Pelatihan BKB Emas Angkatan II

Perwakilan BKKBN Provinsi Riau melaksanakan kegiatan Pelatihan BKB Emas Tingkat Provinsi Riau Angkatan II Tahun 2023, 21-27 Mei 2023.

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU -Perwakilan BKKBN Provinsi Riau melaksanakan kegiatan Pelatihan BKB Emas Tingkat Provinsi Riau Angkatan II Tahun 2023. Kegiatan pelatihan ini diperuntukkan bagi pengelola Kelompok Bina Keluarga Balita pada tanggal 21-27 Mei 2023.

Tujuan Pelatihan BKB Emas Tingkat Provinsi Riau Angkatan II Tahun 2023 secara umum yaitu untuk meningkatkan pengetahuan, sikap dan keterampilan peserta dalam Pengasuhan 1000 Hari Pertama Kehidupan dan Pencegahan Stunting melalui Kelompok Bina Keluarga Balita (BKB).

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Riau Dra Mardalena Wati Yulia, M.Si pada kesempatan ini juga menjelaskan materi mengenai kebijakan dan program BKB Emas. Tujuan khususnya yaitu menjelaskan tentang kebijakan dan program Pelatihan Teknis BKB EMAS, Penerapan Delapan Fungsi Keluarga Dalam Masa 1000 Hari Pertama Kehidupan, mempraktikkan cara menjaga kesehatan fisik dan mental ibu dan anak Baduta, mempraktikkan pembiasaan PHBS bagi ibu hamil dan baduta, mempraktikan stimulasi perkembangan anak pada masa 1000 HPK, menjelaskan peran ayah dan anggota keluarga lainnya dalam masa 1000 HPK, mempraktikkan pengasuhan yang tanggap terhadap kebutuhan anak dalam masa 1000 HPK.

Pelatihan BKB Emas Angkatan II ini diikuti sebanyak 30 orang dari masing-masing peserta Kabupaten/Kota 5 orang antara lain Dumai, Indragiri Hilir, Indragiri Hulu, Kampar, Kepulauan Meranti dan Pelalawan.

Dimana dalam BKB tersebut dapat diharapkan menerapkan 8 fungsi keluarga di keluarga, dan disinilah peran fungsi kader BKB dalam memberikan pembekalan dan pengetahuan kepada ibu-ibu yang mempunyai balita dalam tumbuh kembang anak. ***

Editor: Fahrul Rozi

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews