Riau  

Gubernur Syamsuar: Seluruh Elemen Berkewajiban untuk Mensukseskan Pemilu 2024

Gubernur Riau Syamsuar mengajak seluruh elemen masyarakat turut mensukseskan Pemilu tahun 2024. (Foto: Diskominfotik Riau)

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar mengatakan bahwa untuk menghadapi Pemilihan Umum (Pemilu) serentak tahun 2024 mendatang, sinergitas kebangsaan diperlukan sebagai bentuk kolaborasi dalam rangka menyukseskan pesta demokrasi tersebut..

Menurutnya dengan konsep kolaborasi semua tokoh, stakeholder, elemen/unsur masyarakat yang berkaitan dengan Pemilu ikut serta mendukung tentunya penyelenggaraan Pemilu berjalan damai dan berkualitas.

Hal tersebut disampaikan orang nomor satu di Riau ini pada saat membuka seminar Kebangsaan dengan tema ‘Pemilu Sebagai Sarana Integrasi Bangsa’ yang diselenggarakan oleh BEM se-Riau di Hotel Aryaduta Pekanbaru, Kamis 01 Juni 2023.

“Keberhasilan dalam penyelenggaraan Pemilu dapat luas terhadap tingkat kepercayaan masyarakat. Untuk itu seluruh elemen berkewajiban untuk mensukseskan Pemilu ini dengan sebaik-baiknya,” kata Gubernur Syamsuar.

Ia menyampaikan bahwa Pemilu yang damai dan demokrasi bermartabat dapat diwujudkan melalui keterlibatan aktif dan kerjasama yang baik seluruh anak bangsa seperti Pemerintah, penyelenggara Pemilu, Partai Politik, seluruh elemen bangsa.

“Selain itu warga negara mempunyai posisi dan pengaruh penting untuk memajukan proses demokrasi dan menyukseskan Pemilu yang damai, aman, nyaman dan bermartabat,” imbuhnya

Menurutnya, Pemilu memiliki fungsi perekat perbedaan pilihan politik di tengah masyarakat yang multikultural. Pemilu bisa menjadi pemersatu, karena tanpa Pemilu, Indonesia bisa tercerai berai, karena perbedaan pandangan politik, kepentingan dan lainnya.

“Dengan Pemilu, perbedaan pandangan politik bisa menyatu dalam bingkai Negara Republik Indonesia,” terangnya

Ia berpendapat bahwa slogan Pemilu sebagai Sarana Integrasi Bangsa harus diinternalisasi semua pihak, terutama peserta Pemilu dan masyarakat pemilih. Jadi bukan hanya penyelenggara Pemilu saja.

“Pemilu nanti harus dapat menyatukan masyarakat, menghargai dan menghormati pilihan politik yang berbeda serta menerima hasil pemilu dengan lapang dada,” pungkasnya. (Adv)

Editor: Fahrul Rozi

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews