Azalea, Bunga Cantik yang Bisa Tumbuh di Daerah Kering

Bunga Azalea

LAMANRIAU.COM – Pernahkah melihat atau mendengar tentang bunga azalea? Meski bunga ini terkenal sangat cantik, tapi bunga ini belum terlalu banyak dikenal. Bunga ini melambangkan keindahan dan keanggunan yang tidak lekang dimakan waktu.

Azalea menjadi simbol atau lambang dari berbagai negara seperti Uttarakhand, Virginia Barat, Washington, Nepal, dan Sikkim. Bunga ini merupakan bunga yang populer di Amerika Serikat, bahkan bunga ini dibudidayakan di suatu kawasan khusus di kawasan Alabama.

Namanya berasal dari bahasa Yunani yaitu azaleos atau kering, hal ini mengacu pada tempat azalea bertumbuh yaitu di daerah yang kering.

Ciri-Ciri Bunga Azalea

  1. 1. Daunnya berukuran sekitar 1 hingga 2 cm, ada juga yang berukuran hingga 50 cm. Daunnya tersusun secara spiral dan pada beberapa jenis bagian bawahnya tertutup sisik.
  2. 2. Biasanya berwarna cerah pada bunganya dan memiliki warna yang berwarna-warni.
  3. 3. Sering disebut bunga kering karena bisa hidup di tempat yang memiliki sedikit kandungan air.
  4. 4. Bentuknya menyerupai pohon semak. Ukuran kecilnya hanya sekitar 100 cm, tapi ukuran besarnya bisa mencapai 30 m.

Berbeda dengan di negara-negara Asia atau Amerika Utara, bunga azalea banyak tumbuh subur di dataran tinggi di Indonesia.

Bunga azalea masuk dalam famili Rhododendron yaitu bunga yang tumbuh lebat dan memiliki beragam warna yang cantik seperti merah, putih, ungu, pink, dan kuning. Bunga ini memiliki makna keanggunan dan kelembutan yang mewakili kecantikan wanita sejati. Azalea memiliki sifat-sifat baik dan melambangkan beragam emosi dan peristiwa tertentu.

Oleh tukang kebun di Tiongkok dan Jepang menganggap bunga ini sebagai pengingat kenangan-kenangan manis dan kehangatan bersama keluarga di rumah.

Setia warnanya mengisyaratkan arti antara lain putih yang melambangkan kepolosan, merah yang melambangkan romantisme, ungu dan pink yang melambangkan semangat dan hati yang riang, dan kuning yang mengisyaratkan persahabatan dan kekeluargaan.

Bunga ini dipercaya bisa menyejukkan sekitarnya, sehingga banyak orang yang merawat dan memeliharanya di rumah. ***

Editor: Fahrul Rozi/Sumber: Gridkids.id

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews