Riau  

Gubernur Syamsuar Apresiasi Program Polisi RW Polda Riau

Gubernur Riau Syamsuar menghadiri launching program Polisi RW Polda Riau, Rabu (14/06/2023). (Foto: Diskominfotik Riau)

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar secara langsung menghadiri peluncurun program Polisi Rukun Warga (RW) Polda Riau di Halaman Kantor Gubernur, Rabu 14 Juni 2023.

Program ini merupakan arahan dari Kapolri dalam rangka bertujuan sebagai pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat atau harkamtibmas yang akan dilaksanakan di lingkup wilayah terkecil.

Gubernur Syamsuar memberikan apresiasi atas program Polisi RW yang dilaunching Polda Riau.

Polisi RW juga akan berkerja sama dengan seluruh elemen masyarakat dan bersinergi dengan Kapolsek, Camat, serta Babinsa dan Bhabinkamtibmas.

Pada kesempatannya, Gubri Syamsuar menyampaikan apresiasi yang tinggi dan ucapan terima kasih kepada Kapolda Riau beserta seluruh jajaran atas di launchingnya polisi RW.

Gubernur Riau Syamsuar memberikan sambutan pada kegiatan launching Polisi RW Polda Riau.

Dikatakan dia, program ini merupakan bentuk menciptakan ketentraman dan mendukung kualitas hidup masyarakat.

Alhamdulillah pada hari ini kita dapat hadir bersama dalam rangka launching polisi RW jajaran Polda Riau. Program ini merupakan bagian anggota Polri yang disiapkan dan ditugaskan di wilayah RW untuk menyelenggarakan polisi masyarakat, dalam menyadarkan gangguan terhadap keamanan ketertiban menciptakan ketentraman serta mendukung terwujudnya kualitas hidup masyarakat,” katanya.

Polisi RW akan meningkatkan ketentraman nagi masyarakat.

Dijelaskan, keberadaan polisi RW ini mendekatkan anggota kepolisian dengan masyarakat dan memperkuat data kepolisian tentang potensi ancaman keamanan hingga tingkat RW. Menurutnya, tantangan Polri ke depannya akan semakin berat apalagi pada era teknologi digital saat ini, banyak berita bohong dan juga ancaman yang berpotensi merusak keamanan ketertiban di masyarakat.

“Maka dari itu sangat dibutuhkan peran aktif masyarakat bersinergi dan pendukung Polri dalam melaksanakan tugasnya fungsi dan wewenangnya,” jelasnya.

Gubernur Riau Syamsuar bersama Kapolda Riau Irjen Pol M Iqbal dan Forkompimda melakukan launching program Polisi RW.

Oleh karena itu, Gubri berharap dengan terbentuknya polisi RW ini gunanya untuk menambah pengetahuan pada masyarakat mengenai tugas dan program yang dijalankan oleh Polisi RW, sehingga dapat bersama-sama menjaga persatuan keamanan ketertiban dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Kegiatan launching program Polisi RW Polda Riau.

“Selain sebagai menjaga keamanan masyarakat, polisi RW juga mampu melakukan deteksi ini yaitu langkah lanjutan saat mengetahui adanya sesuatu aksi yang dianggap mampu menjadi ancaman keamanan. Polisi RW bersama masyarakat diharapkan dapat bekerjasama dalam mengurangi tingkat kejahatan yang ada di provinsi Riau baik kejahatan narkoba kejahatan miras hingga penyakit masyarakat dan sebagainya,” harapnya.

Sementara itu Kapolda Riau, Irjen. Pol. Muhammad Iqbal, menerangkan program ini dalam rangka mendukung program satu Bhabinkamtibmas, satu Desa, satu Kelurahan. Kepolisian Negara Republik Indonesia mengembangkan program baru yaitu Polisi RW.

Polisi RW akan.menjadi garda terdepan.sekaligus penjaga ketertiban masyarakat d tingkat RW.

“Personil dari berbagai fungsi Kepolisian yang akan ditempatkan pada setiap RW di lingkungan tempat tinggalnya masing-masing, dengan tujuan agar polisi dapat menjangkau untuk lebih dapat menyentuh badan masyarakat untuk melakukan perlindungan, pelayanan, dan pengayoman pada setiap lapisan masyarakat,” terangnya.

Diungkapkan Kapolda Iqbal, untuk mengoptimalkan program polisi RW. Kepolisian daerah Riau saat ini telah menugaskan sebanyak 4.309 personil yang tersebar  disetiap RW di 12 kabupaten/kota di wilayah Provinsi Riau.

“Polisi RW juga akan bermitra dan bekerjasama dengan seluruh elemen masyarakat untuk mengatasi masalah sosial secara cepat dan tepat sehingga lebih terpeliharanya keamanan dan ketertiban kita bersama,” ungkapnya.

Forkompimda.menghadiri kegiatan launching program Polisi RW Polda Riau.

Lebih lanjut, Kepala Kepolisian Daerah Riau ini memerintahkan kepada rekan polisi RW di seluruh jajaran agar menjalankan tugas ini dengan baik dan benar tetap harus didasari oleh rasa mengayomi dan melayani masyarakat dengan tulus dan ikhlas.

“Besar harapan saya dengan adanya Polisi RW kita dapat menyelesaikan berbagai dinamika masyarakat dari hulu hingga hilir demi terciptanya Bhabinkamtibmas yang aman nyaman dan kondusif dengan semangat presisi,” pungkasnya. (Galeri)

Editor: Fahrul Rozi

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews