Pidato Lengkap Presiden Cabut Status Pandemi Covid-19

lamanriau

LAMANRIAU.COM – Indonesia secara resmi telah menngakhiri masa status pandemi Covid-19. Pencabutan status pandemi diumumkan oleh Presiden Joko Widodo melalui kanal Sekretariat Presiden, Pada Rabu 21 Juni 2023.

Berikut ini pidato lengkap dari Presiden Joko Widodo terkait pencabutan status pandemi Covid-19 di Indonesia:

Setelah tiga tahun lebih kita berjuang bersama menghadapi pandemi Covid-19, sejak hari ini, Rabu 21 Juni 2023, pemerintah memutuskan untuk mencabut status pandemi. Dan kita mulai memasuki masa endemi.

Keputusan ini diambil pemerintah dengan mempertimbangkan angka konfirmasi harian kasus Covid-19 mendekati nihil. Hasil sero survei menunjukkan 99 persen masyarakat Indonesia sudah memiliki antibodi Covid-19. WHO juga telah mencabut status Public Health Emergency of International Concerned.

Walaupun demikian, saya meminta masyarakat untuk tetap berhati-hati serta terus menjalankan perilaku hidup sehat dan bersih.

Tentunya dengan keputusan ini, pemerintah berharap perekonomian nasional akan bergerak semakin baik. Dan meningkatkan kualitas kehidupan sosial ekonomi masyarakat.

Presiden Jokowi sebelumnya juga sudah memberi sinyal mengenai Indonesia yang masuk ke masa endemi. Di masa endemi nanti, pemerintah tidak lagi menanggung biaya perawatan jika terkena COVID.(rri)

Editor: Fahrul Rozi/Penulis: M.Amrin Hakim

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews