Harga Telur dan Ayam Potong Naik Jelang Hari Raya Idul Adha

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Menjelang hari raya Idul Adha, harga telur dan ayam potong di Riau terus naik. Meski demikian Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau akan melakukan berbagai upaya untuk menjaga stabilitas ketersediaan komoditi ini di pasaran.

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM (Disperindagkop UKM) Provinsi Riau M Taufiq OH mengungkapkan, tercatat ada sejumlah faktor yang menjadi penyebab naiknya harga telur dan ayam potong di Riau saat ini.

“Untuk harga sembako menjelang HBKN Idhul Adha 1444 H memang ada beberapa yang mengalami kenaikan dari bulan lalu, termasuk telur ayam dan ayam potong,” Ucapnya Pada Kamis 22 Juni 2023.

Taufiq menegaskan bahwa pemerintah akan tetap melakukan berbagai upaya untuk menjaga agar komoditi ini tetap tersedia di pasaran, terlebih menjelang Hari Raya Idul Adha 1444 H.

Taufiq menyebutkan, untuk harga telur ayam yang kini mengalami kenaikan disebabkan karena naiknya harga pakan, sehingga para peternak harus mengeluarkan modal yang lebih besar, sekaligus memaksa menjual telur dengan harga tinggi saat dilepas ke pasar.

Selain itu, Taufiq juga mengatakan Riau saat ini masih mengandalkan suplai telur ayam dari peternak Payakumbuh, Sumatera Barat. Tercatat 90 persen telur ayam yang dijual di Riau berasal dari daerah itu.

Taufiq menuturkan,hal ini tentu turut menjadi faktor penyebab harga jual telur ayam naik dari biasanya, terutama dalam sebulan terakhir.

“Harga pakannya memang naik, sedangkan telur yang dijual di Riau ini 90 persen berasal dari dari Payakumbuh,” pungkas  Taufiq.

Hal yang sama juga terjadi untuk ayam potong atau daging ayam ras. Tingginya harga pakan membuat harga jualnya juga turut naik saat dilepas ke pasaran.

“Untuk daging ayam potong harga pakannya juga naik,” tambah Taufiq.

Editor: Fahrul Rozi/Penulis: M.Amrin Hakim

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews