Kampus  

Tim Pengabdian Unri Kerjasama Kembangkan Pariwisata Berbasis ICT di Kuansing

Tim Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Riau menggelar rapat dengan Pemerintah Kecamatan Singingi, Senin (10/07/2023).

LAMANRIAU.COM, TELUKKUANTAN – Tim Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Riau bekerjasama dengan Pemerintah Kecamatan Singingi mengadakan pertemuan dan penyamaan persepsi tentang pengembangan pariwisata berbasis Information And Communication Technologies (ITC), Senin 10 Juli 2023 kemarin.

Kegiatan yang diikuti oleh pihak kecamatan, desa dan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) Universitas Riau berlangsung di aula kantor kecamatan setempat. Hadir dari Tim Pengabdian Universitas Riau, Ismandianto sebagai ketua tim, Sekretaris Camat Singingi Desi Marsih dan Ketua Gerakan Pesona Pariwisata Indonesai, Prima Yudi.

“Kami memiliki produk unggulan daerah di Kecamatan Singingi, diantaranya batik lebah, aren segar, lopek kociak, lidi sawit, bingko, kue palito rumah bonsai tiga putri cake dan lainnya yang menjadi keunggulan di desa di Kecamatan Singingi,” ujar Desi Marsih.

Pihak kecamatan dan desa berharap kepada perguruan tinggi melalui pengabdian kepada masyarakat serta mahasiswa yang melakukan kuliah kerja nyata bisa mempromosikan produk unggulan dalam dunia maya. Kegiatan ini merupakan awal dari beberapa rangkaian untuk pengembangan potensi parwisata di Kabupaten Kuantan Singingi melalui pelatihan dan pendampingan, serta menganalisis perkembangan potensi wisata daerah dalam pembentukan branding sector wisata khusus di Kecamatan Singingi.

“Pariwisata merupakan sektor alternatif yang diunggulkan untuk mendorong perekonomian daerah. Apalagi Kecamatan singing memiliki peluang besar dalam pengembangan pariwisata yang mampu menarik wisatawan baik domestic mau pun mancanegara,” papar Ismandianto.

Melalui program pengembangan wisata, ujarnya, pihak Universitas Riau berusaha membantu daerah dalam mengembangkan berbagai sektor yang berkaitan kemajuan masyarakat. ***

Editor: Fahrul Rozi

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews