Siswa tak Diwajibkan Beli Baju Seragam di Sekolah, Disdik Pekanbaru: Agar Tidak Memberatkan Orangtua

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru, ingatkan pihak sekolah agar tidak memberatkan orangtua siswa dalam pembelian baju seragam. Siswa juga tidak diwajibkan untuk membeli baju seragam di sekolah. 

Untuk para siswa yang masih bisa membeli baju seragam dimana saja atau memakai seragam lama. Hal ini bertujuan agar tidak memberatkan orangtua siswa pada tahun ajaran baru ini. 

“Yang masih punya segaram lama silahkan pakai itu, yang sudah membeli sendiri tidak apa-apa. Atau masih pakai sementara ini seragam TK di SD dan pakai seragam SD di SMPN ya silahkan. Yang terpenting belajar dengan tenang dan nyaman dulu,” ucap Kepala Disdik Kota Pekanbaru Abdul Jamal, Selasa 18 Juli 2023. 

Jamal meminta para orangtua siswa tidak perlu resah dan gelisah. Khususnya untuk mereka yang anaknya sudah diterima di SD negeri dan SMP negeri pilihannya.

Menurut Jamal, para orangtua bisa membeli seragam sekolah untuk anaknya diluar sekolah. Tidak ada kewajiban beli seragam di sekolah. Orangtua siswa baru juga bisa menjahit baju seragamnya sendiri.

Biarkan anak belajar di sekolah dengan tenang dan nyaman dulu. Jamal juga menjelaskan, bahwa sekolah negeri juga tidak ada yang menjual seragam. Artinya orangtua tidak diwajibkan untuk membeli seragam tersebut di sekolah melalui koperasi sekolah.

Ia menyebutkan, justru terkadang para orangtua siswa baru ingin seragam dibuat sekolah melalui koperasi sekolah. Terkait hal ini Abdul Jamal memastikan tidak ada aturannya yang mewajibkan. 

 “Silahkan beli seragam sendiri, sekali lagi saya tegaskan tidak ada kewajiban beli seragamnya harus di sekolah. Saat ini sekolah juga tidak ada yang mewajibkan orangtua untuk membeli seragam di sekolah. Karena memang tidak ada aturannya seperti itu,” tegas Jamal. 

Ia juga menambahkan, Disdik Pekanbaru juga tidak akan mengeluarkan surat edaran untuk mengatur tentang seragam sekolah. Karena menurutnya memang tidak ada regulasinya, orangtua siswa diberikan kebebasan untuk membeli seragam sendiri diluar sekolah.

“Kami tidak buat aturan itu, tidak ada regulasinya. Kemarin kami juga sudah bertemu dengan Saber Pungli Riau, ya saya katakan tidak ada kewajiban beli seragam di sekolah, bebas orangtua beli di luar dan menjahit sendiri seragamnya,” jelas Jamal. ***

Editor: Fahrul Rozi

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews