Polres Kuansing Piketkan Polwan untuk Pemeriksaan Pembezuk Wanita

Polres Kuansing melakukan pemeriksaan terhadap pembezuk tahanan melalui petugas piket Polwan.

LAMANRIAU.COM, TELUKKUANTAN – Para pembezuk wanita yang akan masuk ke Rumah Tahanan (Rutan) Polres Kuantan Singingi (Kuansing) untuk melakukan bezuk tahanan, akan dilakukan pemeriksaan oleh piket Polwan. Begitupun dengan barang bawaannya, juga akan dilakukan pemeriksaan oleh piket Polwan.

Ini merupakan penebalan piket tahanan pada saat jam bezuk oleh Polwan Polres Kuansing guna memback-up personel polisi laki-laki yang terlibat jaga tahanan, seperti yang dilakukan pada Selasa 25 Juli 2023.

Adapun tugas dan tanggung jawab Polwan Polres Kuansing yang melaksanakan piket di Rutan Polres Kuansing yaitu melaksanakan pemeriksaan terhadap pengunjung wanita yang akan melaksanakan bezuk tahanan dan melakukan pemeriksaan terhadap barang bawaan pembezuk.

Kegiatan ini merupakan perintah langsung Kapolres Kuansing AKBP Pangucap Priyo Soegito SIk MH. Dengan adanya petugas jaga Polwan, akan memudahkan dalam pemeriksaan pembezuk wanita. Petugas Polwan bisa menggeledah atau melakukan pemeriksaan fisik terhadap pembezuk wanita.

“Jadi, pemeriksaannya juga akan lebih leluasa,” ujar Kapolres AKBP Pangucap.

Sementara itu Koordinator Polwan Polres Kuansing Aipda Dora menjelaskan tugas Polwan dalam hal ini ialah malaksanakan pemeriksaan satu persatu terhadap barang bawaan keluarga (pembezuk). Mulai dari makanan, minuman maupun pakaian yang akan diberikan kepada tahanan yang ada di dalam Rumah Tahanan Polres Kuansing.

“Selain memeriksa barang bawaan keluarga pembezuk, kami juga melakukan penggeledahan badan pengunjung wanita. Ini untuk mengantisipasi adanya barang bawaan yang berbahaya bagi tahanan,” tutup Dora. ***

Editor: Suharman

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews