Kapal Rute Johor-Indonesia Tenggelam di Perairan Selat Malaka

Kapal Rute Johor-Indonesia Tenggelam di Perairan Selat Malaka

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Kepala Kantor SAR Pekanbaru, Budi Cahyadi, mengumumkan bahwa sebuah kapal yang mengangkut 14 orang dan berlayar rute Johor-Indonesia mengalami kecelakaan dan tenggelam di perairan Selat Malaka. Insiden ini menyebabkan 3 orang dilaporkan hilang dan masih dalam tahap pencarian.

Menurut Budi Cahyadi, kecelakaan ini terjadi pada Selasa 15 Agustus 2023 sekitar pukul 04.00 WIB. “Pukul 04.00 WIB dini hari tadi telah terjadi kecelakaan kapal tenggelam Rute Johor-Indonesia, ada 14 orang,” kata Budi kepada media.

Budi menyebut bahwa kapal tersebut tenggelam di wilayah perairan Selat Malaka dengan koordinat 02°00’41.48″ N 102°00’221.86″ E. Sebuah kapal bernama Indomal berhasil mengevakuasi 11 orang selamat dari laut dan membawa mereka ke Malaka sekitar pukul 10.45 WIB.

“Ada 11 orang selamat dan dievakuasi ke Malaka, 3 orang masih dalam pencarian,” tegas Budi.

Kapolres Dumai, AKBP Dhovan, mengonfirmasi bahwa 11 penumpang berhasil selamat dari kecelakaan kapal di Selat Malaka pada dini hari tersebut. Mereka dievakuasi ke Malaka oleh kapal yang melintas.

Dhovan mengatakan, “11 orang selamat, total ada berapa orang di kapal masih belum tahu karena semua ada di Malaysia. Belum dapat kami mintai keterangan.”

Terhadap kapal yang mengalami kecelakaan, Dhovan menyatakan bahwa informasi mengenai jenis kapal dan penumpangnya masih belum pasti. “Untuk kapal juga belum tahu apakah yang kecelakaan ini kapal penumpang atau kah kapal barang. Nanti saat sampai baru kami periksa, termasuk itu (terkait dugaan kapal membawa pekerja migran ilegal atau kapal gelap),” jelas Dhovan.

Berikut adalah data penumpang yang berhasil selamat:

1. Hidayat/27 Tahun/Laki-laki/Belawan
2. Zulkifli/51 Tahun/Laki-laki/Tanjung Medang
3. Zumardi/25 Tahun/Laki-laki/Tanjung Medang
4. Zahri/29 Tahun/Laki-laki/Rupat Tengah
5. Khairul/45 Tahun/Laki-laki/Rupat Tengah
6. Rizal/33 Tahun/Laki-laki/Jambi
7. Iwan Saputra/26 Tahun/Laki-laki/Jambi
8. Maskrun/52 Tahun/Laki-laki/Jawa Tengah
9. Adlan/34 Tahun/Laki-laki/Medan
10. Delsi/26 Tahun/Perempuan/Medan
11. Mansur Hidayat/24 Tahun/Laki-laki/Jawa Tengah

Namun, data mengenai korban yang masih dalam pencarian masih belum diketahui secara pasti.

Editor: Fahrul Rozi/Penulis: M.Amrin Hakim

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews