10 Tahanan yang Kabur dari Polsek Rumbai Berhasil Diamankan

10 Tahanan yang Kabur dari Polsek Rumbai Berhasil Diamankan

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Sepuluh tahanan yang sebelumnya melarikan diri dari Polsek Rumbai telah berhasil ditangkap kembali. Mereka berhasil melarikan diri dengan mengambil jalur melalui septi tank dalam kamar mandi sel tahanan.

Menurut Kapolresta Pekanbaru, Kombes Pol Jefri RP Siagian, pelaku utama yang merencanakan pelarian ini bernama Amir. Amir membuka pintu septi tank dan menggali lubang untuk membuat jalan keluar dari tempat tahanan.

“Tahanan-tahanan ini berhasil kabur tanpa merusak tali besi atau dinding. Mereka mengangkat kloset, melalui pintu septi tank, dan kemudian menggali tanah menggunakan piring melamin yang biasanya digunakan untuk makan sehari-hari,” ucap Kapolresta dalam pernyataan persnya pada hari Minggu, 20 Agustus 2023.

Petugas penjaga mengetahui bahwa 10 tahanan melarikan diri dari Polsek Rumbai pada tanggal 10 Agustus 2023 sekitar pukul 05.00 WIB. Selanjutnya, pencarian dilakukan dengan membentuk tim khusus.

“Tim khusus yang telah dibentuk berhasil menangkap kembali kesepuluh tahanan tersebut. Beberapa tahanan mencoba melawan petugas, yang mengakibatkan tindakan tegas diberlakukan untuk mengendalikan mereka,” tambah Kapolresta.

Direktur Reskrimum Polda Riau, Kombes Asep Darmawan, mengungkapkan bahwa tahanan ke-10 berhasil ditangkap pada dini hari Minggu, 20 Agustus 2023. Proses penangkapan berlangsung selama 10 hari di berbagai lokasi yang berbeda.

“Upaya penangkapan dilakukan di beberapa wilayah, termasuk Pekanbaru, Pelalawan, Pariaman, dan terakhir malam tadi di Batin Solapan, Kabupaten Bengkalis,” pungkas Asep.

Saat ini, kesepuluh tahanan yang melarikan diri dari Polsek Rumbai telah diamankan di Polresta Pekanbaru. Mereka akan menjalani proses hukum sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Editor: Fahrul Rozi/Penulis: M.Amrin Hakim

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews