Riau  

Ketua FKPPI Riau Apresiasi Pelatihan Teknisi Handphone Kerja Sama Kemenperin

Ketua FKPPI PD IV Riau, Fachriadi didampingi Ketua PC FKPPI Kota Pekanbaru, Harnas mengunjungi kegiatan pelatihan teknisi hp

LAMANRIAU.COM , PEKANBARU – Ketua FKPPI PD IV Riau, Fachriadi didampingi Ketua PC FKPPI Kota Pekanbaru, Harnas mengunjungi kegiatan pelatihan teknisi handphone di Gedung Graha Edukasi, Pekanbaru, Rabu (23/8/2023).

Pelatihan teknisi handphone tersebut merupakan kerja sama FKPPI dengan Kementerian Perindustrian (Kemenperin) yang dibuka oleh Direktur IKM, Logam, Mesin dan Alat Angkut Kemenperin, Ir Dini Hanggandari MSi secara online, Selasa (22/8).

Sementara di lokasi kegiatan dihadiri Kepala Fungsi Program dan Evaluasi Pelaporan Direktorat IKM LMEA, Dr Ciska Farida Ariani dan Pengurus Pusat FKPPI, Yaya Tarigan.

Dalam kunjungan tersebut Fachriadi mengapresiasi kegiatan pelatihan teknisi hp karena sangat bermanfaat dalam meningkatkan skill dan mengembangkan semangat kewirausahaan bagi Keluarga Besar FKPPI Riau.

Ia berharap ke depan, setelah selesai mengikuti pelatihan ini dengan jiwa kemandirian dan pengetahuan teknisi Handphone yang sudah dimiliki, dapat membuka usaha servis handphone meskipun dimulai dari lingkup kecil seperti konter atau service on site (panggilan).

“Peluang ini tentunya cukup menjanjikan, karena tingginya persentase pengguna handphone di Indonesia, termasuk Riau,” ujar Fachriadi.

Ia tak lupa mengucapkan terima kasih dan appresiasi kepada FKPPI Pusat, melalui Himpunan Pengusaha dan Wiraswasta (HIPWI) FKPPI yang memberikan perhatian luar biasa kepada FKPPI PD IV Riau sehingga pelatihan ini dilaksanakan di Pekanbaru, Provinsi Riau dari empat kali kegiatan yang direncanakan se-Indonesia tahun 2023.

Seperti yang disampaikan oleh perwakilan HIPWI FKPPI Pusat, Yaya Tarigan pada saat pembukaan kegiatan pelatihan teknisi handphone kemarin. Kegiatan kedua selanjutnya akan dilaksanakan di Provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah dan Sumatera Barat.

“Semoga kerja sama antara Kemenperin dan FKPPI terus berlanjut, sehingga pengembangan SDM khususnya bagi calon pengusaha dapat meningkat, yang akan berpengaruh pada percepatan ekonomi kerakyatan,” ucap Fachriadi.

Sementara itu materi pelatihan disampaikan oleh praktisi Bisnis Digital, Rizqon Jamil Farhas dari Universitas Pahlawan. Materi tata cara mengurus Izin OSS bagi UMKM disampaikan oleh Budi dari DPMPTSP Kota Pekanbaru, dan sosialisasi pemberian KUR dari Bank BRI Kota Pekanbaru.

Pelatihan teknisi hp diikuti sebanyak 20 peserta, perwakilan PC FKPPI se-Riau. Pelatihan berlangsung selama empat hari, 22-25 Agustus 2023.

Pengurus Pusat FKPPI yang hadir dalam pembukaan kegiatan, Yaya Tarigan mengatakan, kerja sama dengan Kemenperin terkait upaya menciptakan wirausahawan baru dari generasi muda. Program ini sejalan dengan visi misi Himpunan Pengusaha dan Wiraswasta FKPPI.

“Sasaran kita bagaimana anggota FKPPI memiliki keterampilan dan keahlian sehingga memunculkan wirausahawan baru,” imbuhnya.

Ketua HIPWI Riau Dr Komala Sari berharap dengan adanya kegiatan pelatihan ini menumbuhkan semangat usaha/enterpreuner bagi generasi muda, khususnya di lingkungan Keluarga Besar FKPPI Riau.

“Ke depan, HIPWI FKPPI Riau akan terus menggerakkan wirausahawan dan pengusaha dalam meninggatkan perekonomian di Riau,” ujarnya. (ihd)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews