Pembukaan Pacu Jalur, Puluhan Ribu Warga Tumpah ke Kota Telukkuantan

Event hari pertama Pacu Jalur 2023 menyedot kunjungan ribuan tamu ke Kota Telukkuantan, Kabupaten Kuantan Singingi, Rabu (23/08/2023).

LAMANRIAU.COM, TELUKKUANTAN – Puluhan ribu masyarakat Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) tumpah ke Kota Telukkuantan, Rabu 23 Agustus 2023. Mereka datang dari segenap penjuru negeri berjuluk seribu jalur itu ingin menyaksikan acara pembukaan Festival Pacu Jalur 2023, parade jalur serta pacu jalur hari pertama untuk 30 hilir pacu atau 60 jalur.

Tidak itu saja. Ratusan warga asal Kuansing yang tinggal di perantauan seperti di Pekanbaru, juga tak ketinggalan pulang kampung ke Telukkuantan guna menyaksikan event budaya yang telah turun temurun itu. Mereka tak ingin ketinggalan ingin menyaksikan secara langsung event yang diselenggarakan di Gelanggang Tepian Narosa Telukkuantan itu.

Acara pembukaan Festival Pacu Jalur ini di pusatkan di Lapangan Limuno Telukkuantan. Ditandai dengan pemukulan gong oleh Menteri Pariwisata Ekonomi Kreatif (Menparekraf) yang diwakili Direktur Industri Kreatif Musik, Film dan Animasi, Dr Mohammad Amin MSi MA, didampingi Sekdaprov Riau Ir SF Hariyanto dan Bupati Kuansing Drs H Suhardiman Amby Ak MM.

Hadir juga pada acara ini Ketua DPRD Riau Yulisman, Wakapolda Riau Brigjend Pol Drs K Rahmadi, Wakajati Riau Hendrizal Husin SH MH. Demikian juga tampak hadir Bupati Indragiri Rezita Meylani Yopi SE, Wakil Bupati Bengkalis Dr H Bagus Santoso MP, serta pejabat dari kabupaten/kota lainnya di Riau yang hadir mewakili kepala daerahnya masing-masing.

Direktur Industri Kreatif Musik, Film dan Animasi pada Kemenparekraf RI, Dr Mohammad Amin MSi MA saat memberikan kata sambutannya sempat memuji kepintaran dan kehebatan sosok Bupati Kuansing Suhardiman Amby. Dimana katanya, Bupati Suhardiman Amby merupakan seorang pemimpin daerah yang mampu menjadi public speaking yang luar biasa.

“Pak Suhardiman Amby ini adalah bupati yang luar biasa, mampu menjadi public speaking, di mana beliau mampu berorasi dengan baik dan menyampaikan apa apa yang menjadi pesan untuk masyarakat. Luar biasa hebat dan saya tak akan mampu seperti itu,” ujarnya.

Menparekraf RI Sandiaga Uno, kata Amin, memberikan perhatian khusus untuk kebudayaan pacu jalur Kabupaten Kuansing. Untuk itu ia berharap ke depannya pacu jalur ini bisa lebih baik dan lebih mampu mendatangkan peningkatan terhadap ekonomi kreatif nantinya.

Dalam kesempatan ini, Sekdaprov Riau SF Hariyanto yang mewakili Gubernur Riau Syamsuar menyerahkan bantuan untuk pelaksanaan Festival Pacu Jalur Telukkuantan senilai Rp 250 juta.

“Pak Gubernur Riau H Syamsuar sebetulnya sangat menginginkan untuk hadir dalam kegiatan ini, akan tetapi beliau juga harus mengikuti kegiatan yang tidak bisa ditinggalkan bersama Kemenparekraf RI di Jakarta. Untuk itu beliau menyampaikan permohonan maaf atas ketidak bisa hadirannya di tengah-tengah masyarakat Kuantan Singingi,” ucapnya.

Pacu jalur ini, kata Hariyanto, adalah kebanggan seluruh masyarakat Provinsi Riau khususnya Kabupaten Kuansing. Untuk itu, ia berharap agar pacu jalur ini mampu terus mengangkat nama daerah dan menjadi pilot projek kebudayaan di Riau.

“Melalui kebudayaan pacu jalur ini, diharapkan mampu lebih meningkatkan lagi usaha ekonomi kreatif yang ada di Provinsi Riau terutama Kabupaten Kuantan Singingi, dan terus menjadi lebih baik lagi nantinya,” katanya.

Bupati Suhardiman Amby dalam sambutannya menyampaikan, bahwa pacu jalur yang sebelumnya pada tahun lalu masuk dalam Kharisma Event Nasional (KEN), tahun 2023 ini kembali berhasil masuk.

Alhamdulillah setelah tahun lalu masuk dalam Kharisma Event Nasional atau KEN, dan saat ini kembali masuk ke dalam Kharisma Event Nasional tahun 2023,” ucapnya seraya diikuti gemuruh tepukan tangan.

Untuk itu, Bupati Suhardiman berharap, agar pelaksanaan pacu jalur ini terus mendapatkan dukungan dari semua pihak ke depannya, baik itu pemerintah pusat, provinsi maupun dari pihak perusahaan.

“Terima kasih atas dukungan dari semua pihak sehingga terlaksananya kegiatan kita ini. Baik itu dari pemerintah melalui instansi terkait maupun pihak perusahaan yang telah berkontribusi dalam pelaksanaan pacu jalur,” ucapnya.***

Editor/ Penulis: Suharman

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews