Asahan  

Sekda Asahan Ikuti Rakornas Pengendalian Inflasi

Sekda Kabupaten Asahan Drs John Hardi Nasution, M.Si Asisten II, Staf Ahli dan beberapa OPD mengikuti kegiatan Rapat Koordinasi Nasionas Pengendalian Inflasi yang dilaksanakan secara hybrid, Kamis (31/08/2023).

LAMAN RIAU.COM, ASAHAN – Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengendalian Inflasi adalah pertemuan tahunan tingkat nasional berkaitan dengan koordinasi pengendalian inflasi. Pertemuan ini diinisiasi Tim Pengendalian Inflasi Pusat (TPIP) dan didukung oleh 542 Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) di tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota yang terus bekerjasama untuk menjaga agar harga-harga tetap stabil dan mencapai target inflasi nasional.

Rakornas Pengendalian Inflasi Tahun 2023 diselenggarakan secara hybrid di Istana Negara dan dipimpin langsung Presiden RI Joko Widodo. Tema utama Rakornas tahun ini adalah ‘Memperkuat Sinergi dan Inovasi untuk Stabilisasi Harga Menuju Ketahanan Pangan Nasional yang Berkelanjutan’.

Bupati Asahan diwakili Sekda Drs John Hardi Nasution, M.Si turut mengikuti kegiatan yang dilaksanakan secara hybrid tersebut, Kamis 31 Agustus 2023. Turut mendampingi Asisten II, Staf Ahli dan beberapa OPD dalam kegiatan yang dilaksanakan di Aula Mawar Kantor Bupati Asahan tersebut.

Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo menyebut, laju inflasi Indonesia turun lebih cepat dan telah kembali ke sasaran 2-4 persen.

Perry menjelaskan, turunnya inflasi terjadi pada seluruh kelompok, baik inti, harga bergejolak (volatile food), dan harga yang diatur pemerintah (administered prices).

“Seluruh wilayah juga mencatatkan penurunan inflasi dan telah berada dalam sasaran inflasi nasional,” tandasnya.

Sementara Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan angka inflasi Indonesia jauh lebih rendah ketimbang sejumlah negara di dunia. Hal itu didukung oleh sinergi yang kuat antara pemerintah pusat dan daerah dalam mengendalikan inflasi.

“Inflasi sangat terkendali di angka 3,08 persen di Juli 2023, ini sebuah angka yang sangat baik sekali,” kata Jokowi. ***

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews