KTT ASEAN ke-43 Tahun 2023 Diselenggarakan di Jakarta

KTT ASEAN ke-43 Tahun 2023 Diselenggarakan di Jakarta

LAMANRIAU.COM – Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-43 telah diselenggarakan di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, mulai tanggal 5 September hingga 7 September 2023. Acara ini diikuti oleh 11 negara anggota ASEAN, 9 negara mitra, dan 2 negara undangan.

KTT ASEAN Jakarta kali ini mengusung tema “ASEAN Matters: Epicentrum of Growth,” yang mencerminkan tekad Indonesia untuk menjadikan ASEAN sebagai pusat pertumbuhan ekonomi di kawasan dan tingkat dunia. Indonesia berperan sebagai tuan rumah dan memegang jabatan Ketua ASEAN untuk tahun 2023.

Selain negara-negara anggota dan mitra, KTT ASEAN di Jakarta juga dihadiri oleh 9 organisasi internasional seperti Dana Moneter Internasional (IMF) dan Bank Dunia (World Bank).

Sebelum berlangsungnya acara utama KTT ASEAN, telah diadakan sejumlah pertemuan dan acara lainnya dari tanggal 2 September hingga 4 September 2023. Ini termasuk pertemuan Komite Perwakilan Tetap untuk ASEAN (CPR), Pejabat Senior ASEAN (SOM), dan pertemuan Menteri Luar Negeri ASEAN.

Presiden Joko Widodo atau Jokowi dijadwalkan memimpin 12 pertemuan penting selama KTT ASEAN ke-43 di JCC pada tanggal 5-7 September 2023. Selain itu, juga diadakan pertemuan bilateral antara pemimpin yang hadir selama rangkaian acara KTT ASEAN ini. ***

Editor: Fahrul Rozi/Penulis: M.Amrin Hakim

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews