Kebakaran Hebat Menghantam Museum Nasional Indonesia

Kebakaran Hebat Menghantam Museum Nasional Indonesia

LAMANRIAU.COM, JAKARTA – Museum Nasional Indonesia, yang juga dikenal sebagai Museum Gajah, di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, diguncang oleh kebakaran dahsyat Pada malam Sabtu, tanggal 16 September 2023. Kebakaran ini menyebabkan atap satu ruangan yang digunakan untuk pameran benda-benda prasejarah roboh.

Asril Rizal, Kepala Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Sudin Gulkamart) Jakarta Pusat, memberikan penjelasan mengenai kronologi kejadian ini. Menurutnya, petugas pertama kali menerima laporan tentang kebakaran di Museum Nasional pada pukul 20.00 WIB.

“Kebakaran terjadi di Gedung Blok A, yang merupakan bangunan semi permanen yang digunakan untuk pameran koleksi museum,” ungkap Asril dalam pernyataannya pada malam tersebut.

Polisi segera mengambil tindakan setelah terjadi kebakaran di Museum Nasional Indonesia pada malam Sabtu, 16 September 2023. Mereka merencanakan untuk melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) guna mencari penyebab kebakaran yang menghancurkan sebagian Museum Gajah, juga dikenal sebagai Gedung A Prasejarah, yang terletak di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat.

Kapolres Jakarta Pusat, Kombes Komarudin, mengkonfirmasi rencana olah TKP ini pada hari Minggu, 17 September 2023. “Iya, ada (olah TKP hari ini),” ujarnya kepada media.

Dia juga mengungkapkan bahwa olah TKP akan melibatkan tim dari Pusat Laboratorium Polri (Puslabfor) serta tim investigasi yang telah dibentuk oleh pengelola Museum Nasional Indonesia.

Komarudin menjelaskan, “Hari ini akan turun tim labfor dengan tim yang memang nanti ditunjuk dari pengelola dari museum.”

Sementara Museum Nasional Indonesia ditutup sementara sebagai tindakan pencegahan pasca-kebakaran, bagian depan gedung telah dijaga ketat oleh aparat kepolisian. Awak media belum diizinkan memasuki area tersebut. Di bagian belakang gedung, terlihat garis polisi yang melintang di bekas robohan atap salah satu ruangan Museum Gajah yang masih menyisakan puing-puing dan asap dari kebakaran.

Pada pukul 08.28 WIB, petugas dari Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) Bareskrim Polri tiba di Museum Nasional Indonesia. Sekitar 5-6 petugas terlihat sedang memeriksa area Museum Gajah yang terkena dampak kebakaran. Saat ini, belum ada informasi pasti mengenai jenis pemeriksaan yang dilakukan oleh tim Puslabfor Bareskrim Polri.

Selain itu, satu mobil dari PLN dan satu mobil pemadam kebakaran dari Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta juga telah ditempatkan di lokasi kejadian sebagai bagian dari upaya pemulihan dan investigasi lebih lanjut terkait kebakaran tragis ini.***

Editor: Fahrul Rozi/Penulis: M.Amrin Hakim

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews