BKKBN RI Gelar Pekan Pelayanan KB Peringati Hari Kontrasepsi Sedunia

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) akan menggelar peringatan World Contraception Day (WCD) 2023 atau Hari Kontrasepsi Sedunia 2023.

LAMANRIAU.COM, SERANG – Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) akan menggelar peringatan World Contraception Day (WCD) 2023, atau Hari Kontrasepsi Sedunia 2023. Peringatan Hari Kontrasepsi Sedunia sendiri diperingati setiap tanggal 26 September.

Dalam rangkaian acara WCD tahun ini, BKKBN mengusung tema ‘Your Life, Your Choice’ untuk tema internasional. Sementara untuk tema nasional adalah ‘Kolaborasi Pelayanan KB Nusantara dalam Percepatan Penurunan Stunting’.

Direktur Bina Kualitas Pelayanan Keluarga Berencana BKKBN, Martin Suanta mengatakan, tujuan dari kegiatan itu digelar yaitu dalam rangka percepatan penurunan stunting.

“Tujuannya, secara umum yaitu mensosialisasikan pentingnya program KB dan perencanaan keluarga dalam rangka percepatan penurunan stunting kepada masyarakat luas,” ujarnya melalui konferensi pers jarak jauh, Senin 25 September 2023.

Kata Martin, tujuan khusus kegiatan ini akan digelar dalam rangka meningkatkan cakupan kesertaan KB semua metode dalam rangka meningkatkan capaian mCPR. Kemudian meningkatkan pengetahuan dan wawasan stakeholder, provider medis, mitra kerja dan masyarakat terkait pelayanan KB dan kesehatan reproduksi yang berkualitas. Serta meningkatkan komitmen dan kesertaan pasangan usia subur (PUS) dalam program KB.

“Termasuk meningkatkan komitmen dan dukungan stakeholder, provider medis, mitra kerja untuk percepatan pencapaian program bangga kencana dan penurunan stunting secara menyeluruh,” terangnya.

Rencananya rangkaian acara ini akan digelar mulai tanggal 26 September 2023 dan puncaknya akan digelar pada 10 Oktober 2023. Adapun rangkaian acaranya yaitu, pertama, seluruh jajaran BKKBN se-Indonesia diminta untuk melakukan sosialisasi dan publikasi kegiatan peringatan WCD 2023. Baik itu melalui media sosial resmi BKKBN Official ataupun di BKKBN perwakilan provinsi.

“Diharapkan publikasi juga dilakukan di media elektronik baik nasional maupun daerah,” ungkapnya.

Kedua, BKKBN akan menggelar seminar dan webinar ilmiah. Rencananya seminar umum terkait peran KB dan Kespro dalam penurunan stunting secara hybrid, akan digelar pada Selasa, 26 September 2023. Seminar tersebut digelar secara luring di Auditorium BKKBN dan secara daring di BKKBN Official. Sedangkan webinar ilmiah medis terkait hidupmu adalah pilihanmu akan digelar pada Sabtu, 7 Oktober 2023.

Ketiga, BKKBN akan menggelar Pekan Pelayanan KB dalam rangka Hari Kontrasepsi Sedunia 2023. Kegiatan tersebut akan digelar diseluruh fasilitas pelayanan kesehatan (Fasyankes) termasuk Fasyankes TNI pada 26 September 2023 sampai 4 Oktober 2023.

Keempat, BKKBN Pusat akan melakukan video conference dan kunjungan ke BKKBN perwakilan provinsi yang terpilih, pada hari pertama pekan pelayanan KB.

Kelima, hari puncak peringatan WCD 2023 akan digelar pada Selasa, 10 Oktober 2023. “Dalam kegiatan pada puncak kegiatan hari kontrasepsi sedunia akan dilaksanakan pemberian penghargaan role model TPMB,” katanya.

Kemudian juga ada peluncuran pelayanan KB perusahaan. Pemberian penghargaan pekan pelayanan KB serentak serta partisipasi mitra kerja TNI. ***

Editor: Fahrul Rozi

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews