Riau  

MoU dengan OIAA, Strategi Syamsuar Tingkatkan SDM Anak Riau

Gubernur Riau Syamsuar menandatangani kerjasama dengan Ketua Organisasi Internasional Alumni Al Azhar (OIAA) Cabang Indonesia TGB. Dr. M. Zainul Majdi, MA terkait pendidikan dan pelatihan Bahasa Arab serta wawasan keislaman bagi calon mahasiswa Universitas Al Azhar Kairo Asal Provinsi Riau.

LAMANRIAU.COM, JAKARTA – Pemerintah Provinsi Riau melakukan kerjasama dengan Organisasi Internasional Alumni Al Azhar (OIAA) Cabang Indonesia tentang pendidikan dan pelatihan Bahasa Arab serta wawasan keislaman bagi calon mahasiswa Universitas Al Azhar Kairo Asal Provinsi Riau, di Pusat Studi Islam dan Bahas Arab (PUSIBA).

Penandatanganan kerjasama tersebut dilakukan oleh Gubernur Riau Syamsuar dan Ketua OIAA Cabang Indonesia TGB. Dr. M. Zainul Majdi, MA di Badan Penghubung Provinsi Riau Jakarta pada Selasa 02 Oktober 2023.

Maksud dari kesepakatan ini adalah peningkatan sumberdaya manusia di Provinsi Riau di bidang keagamaan dengan tujuan meningkatkan kemampuan bahasa Arab dan wawasan keislaman calon mahasiswa Universitas Al Azhar Kairo asal Provinsi Riau.

Gubernur Riau Syamsuar mengatakan kesepakatan ini sudah lama dinantikan untuk peningkatan SDM anak-anak muda Riau yang akan melanjutkan pendidikan di Al Azhar.

Alhamdulillah sudah kami lakukan kesepakatan dengan OIAA dan ini sudah lama kami nantikan sebagai salah satu upaya peningkatan SDM anak-anak muda Riau yang akan melanjutkan pendidikan di Al Azhar, semoga ini mempermudah jalan anak-anak riau sekolah di luar negeri,” kata Gubernur Riau.

Lebih lanjut Ia menyampaikan secara umum kerjasama ini untuk penyiapan calon mahasiswa yang akan belajar ke Universitas Al-Azhar di Kairo dan pembinaan selama menjalankan perkuliahan.

“Secara umum nantinya kerjasama ini untuk penyiapan proses seleksi, pelatihan bahasa arab, pelatihan wawasan keislaman dan kemudian kiat berharap adanya pembinaan mahasiswa selama kuliah baik akademik maupun keterampilan dan keahlian serta pengabdian kepada bangsa dan daerah,” sebutnya.

Dalam kesempatan tersebut TBG M. Zainul Majdi mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Riau Syamsuar yang sangat peduli terhadap generasi muda Riau.

Alhamdulillah pagi ini telah dilakukan penandatanganan kesepakatan OIAA dengan Pemerintah Provinsi Riau dan terima kasih kepada sahabat saya Bapak Gubernur Riau Syamsuar yang sangat peduli terhadap generasi muda Riau,” ungkap Ketua OIAA Indonesia ini.

Lebih lanjut TGB mengatakan Riau adalah bagian penting dari dunia Melayu yang memiliki akar keislaman moderat yang kuat, harus dipelihara dan dirawat agar tetap kokoh.

“Riau adalah bagian penting dari dunia melayu yang memiliki akar keislaman moderat yang kuat, akar itu harus dirawat agar tetap kokoh sebagai pondasi kemajuan bangsa,” tutup anggota Komite Eksekutif Majelis Hukama Muslimin ini. ***

Editor: Fahrul Rozi

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews