Sukseskan Piala Dunia U-17, Bandara Soetta Lengkapi Autogate

Sukseskan Piala Dunia U-17, Bandara Soetta Lengkapi Autogate
Direktorat Imigrasi meresmikan autogate baru di Bandara Soekarno Hatta

LAMANRIAU.COM, JAKARTA – Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) akan mengalami peningkatan fasilitas dengan penambahan 50 unit autogate atau alat pemeriksaan keimigrasian baru. Langkah ini diambil dengan tujuan meningkatkan kemudahan pelayanan di bandara dan mendukung suksesnya ajang Piala Dunia U-17. Indonesia diamanatkan sebagai tuan rumah oleh FIFA dalam Piala Dunia U-17 tahun ini.

“Kami telah bersiap untuk Piala Dunia. Saat ini, telah diresmikan 24 unit autogate, dan kami berencana menambahnya menjadi 50 unit, termasuk dua untuk disabilitas,” ungkap Silmy Karim, Direktur Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, pada hari Senin 2 Oktober 2023.

Silmy menyatakan bahwa pihaknya menargetkan pemasangan 50 autogate selesai pada bulan Desember 2023. Proses instalasi memerlukan waktu, dan hal ini penting agar autogate dapat digunakan secara efektif selama Piala Dunia.

Dengan penambahan ini, Silmy menegaskan bahwa autogate akan melayani baik warga negara Indonesia yang bepergian ke luar negeri maupun warga asing yang masuk ke Indonesia. Saat ini, penggunaan autogate masih dibatasi untuk warga negara Indonesia, namun setelah semua 50 unit terpasang, pelayanan akan diperluas untuk semua pengguna.

“Nantinya, layanan autogate akan tersedia juga bagi warga asing, seiring dengan tujuan kami untuk bersaing secara positif dengan negara-negara seperti Qatar dan Singapura. Kami tidak ingin ketinggalan dalam kompetisi yang sehat dengan negara-negara lain,” ungkap Silmy.

Silmy menjelaskan bahwa Imigrasi merujuk pada Uni Emirat Arab, di mana Dubai telah melayani lebih dari 200 ribu pelintas per hari. Selain itu, Qatar juga telah melayani lebih dari 100 ribu pelintas penerbangan, demikian juga dengan Singapura.

“Kami berusaha untuk memberikan pelayanan yang sebanding dengan mereka. Kami telah berkoordinasi dengan PT Angkasa Pura II untuk merenovasi interior Imigrasi, menciptakan citra internasional bahwa Indonesia adalah negara yang dapat diandalkan, baik, dan maju,” tambah Silmy.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, Maria Kristi Endah Murni, menambahkan terima kasih kepada Imigrasi atas dukungannya terhadap Bandara Soetta. Khususnya, upaya untuk mempercepat proses dokumentasi bagi penumpang yang melakukan perjalanan ke luar negeri.

Diketahui bahwa Piala Dunia U-17 2023 akan diadakan di Indonesia setelah FIFA menunjuk negara ini sebagai tuan rumah, menggantikan Peru yang memutuskan untuk mundur.

Penyelenggaraan Piala Dunia U-17, atau FIFA U-17 World Cup, direncanakan berlangsung pada periode 10 November hingga 2 Desember 2023. FIFA telah menetapkan jadwal undian pada 15 September 2023.

Negara-negara yang akan berpartisipasi dalam Piala Dunia U-17 2023 di Indonesia meliputi Argentina, Brasil, Burkina Faso, Kanada, Ekuador, Inggris, Prancis, dan Jerman. Selain itu, ada tuan rumah Timnas Indonesia, Iran, Jepang, Korea Selatan, Mali, dan Meksiko. Daftar peserta juga mencakup Maroko, Kaledonia Baru, Selandia Baru, Panama, Polandia, Senegal, Spanyol, Amerika Serikat, Uzbekistan, dan Venezuela.***

Editor: Fahrul Rozi/penulis: M.Amrin Hakim

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews