Selamat HUT ke-78 Kabupaten Pasaman, Ketum IKPPBR: Tingkatkan Realisasi APBD

DR Zulfikri Toguan SH MH membeli gula aren warga di Pasaman.

LAMANRIAU.COM , PEKANBARU – Ikatan Keluarga Pasaman dan Pasaman Barat Riau (IKPPBR) mengucapkan selamat Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kabupaten Pasaman yang diperingati setiap 8 Oktober.

“Kami mengucapkan selamat HUT ke-78 Kabupaten Pasaman. Semoga Pasaman lebih baik ke depan dan masyarakatnya lebih sejahtera,” ujar Ketua Umum IKPPBR Dr Zulfikri Toguan SH MH, Minggu (8/10/2023).

Bersempena dengan momen HUT ke-78 Kabupaten Pasaman, Dr Zulfikri memberikan sedikit catatan yang mesti menjadi perhatian dan diperbaiki untuk masa akan datang.

Di antaranya tingkat kemampuan ASN dan OPD dalam merealisasikan APBD masih rendah. Hal ini dapat dibuktikan ketika bupati pernah marah karena realisasi anggaran masuk semester kedua masih rendah sekitar 26 persen, seperti dikutip dalam Mimbar Sumbar Juni 2022.

“Alah Ado pitih tapi mambalanjuannyo ndak bisa,” ujar Dr Zulfikri menirukan ucapan bupati Pasaman beberapa waktu lalu.

Dosen Universitas Islam Riau (UIR) ini mengatakan, peran APBD dalam menggerakkan ekonomi masyarakat Pasaman sangat besar. Karena ekonomi masyarakat sangat tergantung putaran anggaran proyek fisik dari APBD.

“Semoga ASN yang mengelola OPD dapat meningkatkan lagi kinerja sehingga realisasi APBD lebih maksimal sehingga berdampak pada perekonomian masyarakat,” imbuhnya.

Lebih lanjut Dr Zulfikri yang juga pengacara menyebutkan, secara regulasi perantau tak boleh ikut campur masalah lambatnya serapan APBD tersebut.

Padahal jika ada aturan, akan banyak sumbangan pemikiran dan tenaga yang bisa membantu agar realisasi APBD maksimal dan menyentuh kebutuhan masyarakat.

“Mungkin perlu lembaga monitoring serapan APBD ini dari masyarakat untuk mengingatkan terus agar jangan lalai. Bagi OPD yang cepat merealisasikan anggaran diberikan hadiah oleh masyarakat, bukan dari APBD. Karena dananya mungkin perlu dipikirkan untuk memotivasi OPD yang ada,” bebernya.

Selamat HUT ke-78 Kabupaten Pasaman. Semoga Pasaman Saiyo semakin maju. (rls)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews