Persiapan Ratusan Kendaraan Listrik untuk KTT AIS Forum

Persiapan Ratusan Kendaraan Listrik untuk KTT AIS Forum

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Pemerintah Indonesia telah menyiapkan sebanyak 430 mobil listrik untuk digunakan dalam rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Archipelagic and Island States (AIS) Forum. Konferensi internasional ini dijadwalkan berlangsung pada tanggal 10-11 Oktober 2023 di Nusa Dua, Kabupaten Badung, Provinsi Bali.

Masduki, Kepala Bagian Kendaraan, Biro Umum Kementerian Sekretaris Negara (Kemensetneg), mengungkapkan bahwa kendaraan ramah lingkungan ini berasal dari empat merek yang berbeda. Terdapat 28 unit BMW tipe i7, 236 unit Hyundai (dengan rincian 38 unit tipe Ioniq 6 dan 198 unit tipe Ioniq 5), 66 unit Toyota tipe bZ4X, dan 100 unit Wuling Air Ev.

“BMW i7 akan digunakan sebagai kendaraan VVIP untuk melayani tamu Kepala Negara, sementara Hyundai Ioniq 6 disiapkan sebagai kendaraan VIP dalam rangkaian menteri dan level di bawahnya,” ungkap Masduki dalam pernyataannya pada hari Minggu 8 Oktober 2023.

Dia menjelaskan bahwa delegasi yang mengiringi kepala negara atau menteri akan menggunakan kendaraan Toyota bZ4X. Rangkaian ini khususnya dirancang untuk perjalanan dari Bandara ke Hotel dan Venue, dan tidak dapat digunakan di luar jalur tersebut.

Di samping persiapan untuk rangkaian VVIP dan VIP, pemerintah juga telah menyiapkan tiga unit mobil Wuling Air EV untuk keperluan operasional setiap negara yang hadir. Penggunaan mobil Wuling Air EV ini akan diberikan kepada masing-masing naradamping atau Liaison Officer (LO). Proses serah terima kendaraan ini telah dilakukan oleh Kementerian Sekretariat Negara kepada Kementerian Luar Negeri.***

Editor: Fahrul Rozi/Penulis: M.Amrin Hakim

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews