Riau  

BKKBN Gelar Program Dahsyat di Desa Sentajo Raya

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Demo memasak menjadi salah satu rangkaian kegiatan pada pertemuan pemberdayaan masyarakat di Kampung KB dalam rangka percepatan penurunan Stunting dan pembinaan Dashat di Balai Penyuluhan Sentajo Raya Kabupaten Kuantan Singingi, Selasa 10 Oktober 2023.

Pada kesempatan ini kader Dashat akan diajarkan bagaimana memasak dan mengolah beberapa menu makanan sehat dan bergizi dengan bahan dasar ayam, telur, tahu, dan aneka sayuran.

Demo memasak ini dibimbing langsung ahli gizi yang didatangkan dari Dinas Kesehatan Kuansing, Alisa Maria SGz. Selain itu, Aliza juga menjelaskan keperluan nutrisi dan cara pengolahan bahan makanan yang tepat untuk anak, ibu hamil dan ibu menyusui.

Peserta yang hadirpun sangat antusias menyaksikan demo memasak dan mendengarkan penjelasan oleh Narasumber yang didatangkan. Kader Dashat juga diberi kesempatan untuk turun tangan membantu pengolahan menu Dashat hari ini (Mpasi untuk anak, ayam balado, sayur bening bayam, tumis buncis wortel dan bunga kol serta pisang rebus).

Harapannya peserta yang hadir dapat memahami pentingnya penerapan dapur sehat dalam keluarga, sehingga anak-anak dapat tumbuh sehat dan optimal.

Tim Kerja Dalduk Perwakilan BKKBN Riau Nursyiamah SE menyampaikan program Dashat merupakan program inovatif yang bertujuan untuk mengedukasi para ibu terkait resep pengolahan panganan lokal yang bergizi untuk mengatasi masalah stunting pada anak.

Selanjutnya, dia menjelaskan mengenai model pengelolaan Dashat, di mana nantinya akan dibentuk 9 kelompok kader yang mana masing masing kelompok akan mendampingi 10 keluarga bersiko tengkes. Kader akan melaksanakan pendampingan sekaligus pemantauan rapor menu bergizi selama 30 hari.

Kepala Bidang Dalduk DPPKBP3A Kuansing, Supri Andayani, SIp menyampaikan, pencegahan tengkes dengan melakukan pembinaan dan pendampingan pada sasaran keluarga berisiko tengkes (pencegahan dari hulu) seperti ini sangat diperlukan agar tidak ditemukan kasus tengkes yang baru.

Hadir pada kesempatan ini Kepala Desa Pulau Kopung beserta ibu, DPPKBP3A Kabupaten Kuansing, Tim Kerja Dalduk BKKBN Riau, PKB/PLKB, serta kader Dashat.

Pada kesempatan ini juga dilakukan penyerahan secara simbolis Operasional Dashat kepada Ibu Ketua TP PKK Desa Pulau Kopung. ***

Editor: Fahrul Rozi

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews