Kontrak STY Sampai Juni 2024, Apakah Masih Bisa Diperpanjangan?

Kontrak STY Sampai Juni 2024, Apakah Masih Bisa Diperpanjangan?

LAMANRIAU.COM, JAKARTA – Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, mengumumkan bahwa kontrak pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, akan diperpanjang hingga Juni 2024. Pernyataan ini disampaikan oleh Erick Thohir dalam jumpa pers mengenai persiapan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 di Jakarta.

“Erick Thohir menyebut bahwa perpanjangan kontrak pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, akan berlangsung hingga Juni 2024,” kata Erick dalam konferensi pers tersebut. Ia menjelaskan bahwa pembicaraannya dengan Shin Tae-yong telah mencapai kesepakatan untuk memperpanjang kontrak selama tiga tahun.

“Pembicaraan saya dengan coach Shin Tae-yong sampai Juni 2024,” tambah Erick, menegaskan bahwa perpanjangan kontrak tersebut telah disepakati dan akan berlaku hingga waktu tersebut. Pernyataan ini sebagai tanggapan terhadap kabar perpanjangan kontrak pelatih asal Korea Selatan tersebut bersama Timnas Indonesia.

Erick menyatakan bahwa Shin Tae-yong, mantan juru taktik timnas Korea Selatan, akan terus mendampingi Timnas Indonesia dalam kompetisi Piala Asia senior dan Piala Asia U-23 2024 hingga turnamen tersebut berakhir. Erick menekankan bahwa evaluasi terhadap kontrak pelatih tersebut akan bergantung pada hasil prestasi yang diperoleh dalam kejuaraan Asia di Qatar, baik pada tingkat senior maupun U-23.

“Penilaiannya akan ditentukan nanti, apakah perpanjangan kontrak akan lebih lama, tentu saja akan sesuai dengan prestasi yang diperoleh di kejuaraan Asia di Qatar, baik di kategori senior maupun U-23,” ungkap Erick.

Meskipun demikian, Erick, yang mencuat sebagai calon Wakil Presiden (Cawapres) yang paling kuat, memberikan penghargaan kepada pelatih Shin Tae-yong (STY) karena berhasil membawa Timnas Indonesia mencapai prestasi historis dengan lolos ke tingkat Asia.

Erick menyatakan bahwa pencapaian Indonesia dengan lolos di dua turnamen tersebut merupakan suatu prestasi luar biasa karena menjadi yang pertama dalam sejarah sepak bola Indonesia setelah 17 tahun absen.

“Menurut saya, Coach Shin Tae-yong telah memberikan yang terbaik ketika berhasil membawa Timnas U-23 lolos untuk pertama kalinya di Piala Asia. Ini adalah pencapaian sejarah, di mana timnas kita kembali bermain di tingkat Asia setelah absen selama 17 tahun,” kata Erick.

Pria yang juga menjabat sebagai Menteri BUMN ini memberikan isyarat positif untuk memperpanjang kontrak STY setelah Juni 2024. Namun, dia menekankan bahwa STY harus dapat mencapai pencapaian yang diharapkan oleh PSSI.

“Ini adalah sebuah prestasi yang luar biasa, dan karena itu saya memberikan apresiasi terhadap perpanjangan kontrak. Namun, jika kita ingin memperpanjang kontrak lebih jauh, saya harap kita dapat menetapkan target-target yang disepakati bersama. Saya akan melakukan diskusi dengan Coach Shin Tae-yong karena kami memiliki kedekatan, dan ini tentu akan menjadi hal yang positif untuk perkembangan sepak bola Indonesia,” ujar Erick.***

Editor: Fahrul Rozi/Penulis: M.Amrin Hakim

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews