PPI Riau Sosialisasi Kepemiluan kepada Ratusan Mahasiswa Baru Uniks

Perhimpunan Pemilih Indonesia (PPI) Riau mengadakan sosialisasi kepemiluan di kampus Universitas Islam Kuantan Singingi (Uniks), Senin (23/10/2023).

LAMANRIAU.COM, TELUKKUANTAN – Perhimpunan Pemilih Indonesia (PPI) Riau mengadakan sosialisasi kepemiluan di kampus Universitas Islam Kuantan Singingi (Uniks). Kegiatan yang diadakan, Senin, 23 Oktober 2023 di Gedung Serba Guna (GSG) Uniks, Telukkuantan ini diikuti ratusan mahasiswa baru Uniks.

Sosialisai dimulai dari penyampaian Koordinator PPI Riau Hasan M.Si. Dalam paparannya mantan anggota Bawaslu Riau periode 2018-2023 ini menyebutkan bahwa ada lima syarat Pemilu berintegritas, yaitu regulasi yang jelas dan tegas, pemilih yang cerdas, birokrasi yang netral dan penyelenggara yang berintegritas dan profesional.

Materi selanjutnya disampaikan oleh Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kuansing Wigati Iswandhiari, ST., MM. Ia menyampaikan bahwa Pemilu serentak 2024 dilaksanakan pada hari Rabu 14 Februari 2024. Pemilu serentak dengan memilih calon Presiden dan Wakil Presiden, calon Dewan Perwakilan Daerah (DPD), calon DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota.

Wigati mengingatkan bahwa mahasiswa sebagai pemilih harus memastikan terdaftar di Daftar Pemilih Tetap (DPT) dengan cara mengecek di stiker yang ditempel di depan rumah atau melalui link cekdptonline.kpu.go.id.

Pemateri berikutnya yakni Teddy Niswansyah selaku Koordinator PPI Kabupaten Kuansing. Dalam penyampaiannya mantan anggota Bawaslu Kuansing 2018-2023 itu mengatakan bahwa memilih adalah hak, akan tetapi memiliki ketentuan sudah 17 tahun atau lebih, sudah atau pernah kawin dan tidak sedang dicabut hak pilihnya.

Dekan Fakultas Ilmu Sosial Uniks Rika Ramadhanti, S.IP., M.Si., dalam kata sambutannya menyambut baik kegiatan PPI Riau “Road Show to Kuansing” ini.

“Kami ucapkan terima kasih karena sudah mengunjungi Uniks dan memberikan sosialisasi kepemiluan kepada mahasiswa baru yang juga sebagai pemilih pemula,” ujar Rika yang didampingi Ketua Program Studi Administrasi Negara Emilia Emharis, S.Sos., M.Si. (rls)

Editor: Suharman

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews