Riau  

Segera MoU dengan Kampus dan Pemerintah, Pengurus PAKKI DPW Riau Dikukuhkan

LAMANRIAU.COM , PEKANBARU – Perkumpulan Ahli Keselamatan Konstruksi Indonesia (PAKKI) Dewan Pengurus Wilayah Provinsi Riau periode 2023-2027 terbentuk melalui Musyawarah Wilayah Pertama yang dilaksankan berdasarkan mandat yang diberikan pengurus pusat.

Rangkaian kegiatan dimulai dari tahapan Webinar K3 Konstruksi, Pelatihan Ahli Muda K3 Konstruksi kepada para calon pengurus yang berjumlah lebih dari 21 orang.

Serta pelaksanaan musyawarah wilayah dan sekaligus pelantikan yang dilaksanakan di Universitas Lancang Kuning (Unilak), Selasa (24/10/2023).

Husni Mubarak ST MSc CST yang merupakan sebagai perwakilan penerima mandat menjadi ketua muswil dan pelantikan mengatakan, proses kegiatan ini berjalan cukup efektif dan efisien ditambah dengan semangat para calon pengurus untuk membentuk APKI DPW Riau.

“Dalam pelaksanaan itu sendiri beberapa tahapan sudah dilalui. Mulai dari penyebaran informasi pembukaan pendaftaran calon ketua PAKKI DPW Riau, muswil dan pelantikan,” ujarnya.

Untuk calon ketua terbuka bagi para insan Ahli K3 Konstruksi yang ingin bergabung dan memimpin PAKKI DPW Riau periode 2023-2027. Dari hasil seleksi dan pemberkasan, hanya ada satu nama mendaftar dan memenuhi persyaratan.

Muswil dengan Pimpinan Sidang I, Doni Rinaldi ST MT CST, Pimpinan Sidang II Husni Mubarak ST MSc CST dan Pimpinan Sidang III Ar Edo Firmanto Ramadhan ST IAI CST. Para peserta sepakat menunjuk Ir Ulul Azmi ST CST IPP sebagai ketua PAKKI DPW Riau periode 2023-2027.

Ia mengucapkan terima kasih kepada pengurus PAKKI Pusat, BPJN, pengurus PAKKI Sumbar, PAKKI Sumut, Pemerintah Pemprov Riau melalui Dinas PUPRKPP, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Dinas Pehubungan serta instansi lainnya yang mendukung penuh kegiatan ini.

“Dan terkhusus untuk Universitas Unilak yang luar biasa memberikan support dan Sepakat Safety yang memberi dukungan kepada kami,” tutupnya.

Ketua PAKKI DPW Provinsi Riau terpilih Ir Ir Ulul Azmi ST CST IPP dalam sambutannya mengajak semua pengurus PAKKI solid dan kompak. Apalagi ini kepengurusan pertama yang harus menjadi contoh untuk kedepannya.

“Kita harus membuat gebrakan baru terutama mewujudkan keselamatan konstruksi yang juga berfokus pada kesehatan pekerja, keselamatan lingkungan, keselamatan publik dan keberlanjutan pembangunan di Indonesia. Harus dibuat kreativitas, inovasi dan gerakan-gerakan pembaruan,” tutur Ulul Azmi.

Lanjutnya, PAKKI DPW Riau harus menjadi contoh di Indonesia walaupun baru pertama kali dideklarasikan. Semua bisa terwujud atas kerja keras bersama, solid dan satu suara kepengurusan PAKKI DPW Riau.

Ia menegaskan PAKKI DPW Riau akan berkolaborasi dengan pemerintah daerah, provinsi maupun pusat dalam menegakkan peraturan terkait K3 Konstruksi.
“Mohon bimbingan para senior dan rekan-rekan semua. Sinergi antara kita adalah upaya bersama menegakkan K3 Unggul Indonesia Maju, Menuju Indonesia Emas 2045,” sebutnya.

Kepengurusan PAKKI DPW Riau akan membangun sinergi mulai dari praktisi, akademisi, pemerhati K3 dan pemerintah. Selama 30 hari kerja usai dilantik, Ulul menargetkan digelar rapat kerja, MoU dengan kampus dan pemerintahan.

Dalam kesempatan itu ia mengucapkan terima kasih kepada Ketua Umum PAKKI Pusat, Lazuardi Nurdin yang membimbing dan memberi pengarahan. Selanjutnya ketua PAKKI Sumbar beserta jajaran, ketua dan sekretaris PAKKI Sumut beserta jajaran yang memantik semangat dalam membentuk PAKKI DPW Riau.

“Kemudian ucapan terima kasih kepada Wakil Gubernur Riau yang mendukung kami melalui Dinas PUPRPKPP, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi dan Dinas Perhubungan,” imbuhnya.

Wakil Gubernur Riau diwakili Sekretaris Dinas PUPRPKPP Provinsi Riau, Ardi Irfandi ST MM menyampaikan atas nama Pemerintah Provinsi Riau mengucapkan selamat atas dilantiknya pengurus PAKKI DPW Riau periode 2023-2027.

“Ini merupakan sarana yang strategis bagi jajaran pengurus DPW Riau dalam meningkatkan peran di Provinsi Riau. Terutama untuk menekan angka kecelakaan kerja,” ujar Ardi.

PAKKI menjadi wadah tempat berkumpulnya SDM professional, berdaya saing, kompeten dalam bidang keselamatan dan Kesehatan kerja terutama bidang konstruksi. (rls)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews