Pendaki Gunung Rinjani Meninggal Dunia Akibat Kelelahan

Pendaki Gunung Rinjani Meninggal Dunia Akibat Kelelahan

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Seorang pendaki Gunung Rinjani, Ald (66), warga Desa Semoyang Kecamatan Praya Timur Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), meninggal dunia saat berada di Banyu Urip Gunung Rinjani pada Sabtu, 28 Oktober 2023.

Dalam keterangan persnya, Kepala Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR), Dedy Asriady, menyampaikan bahwa informasi tersebut diterima dari seorang guide. Menurutnya, seorang pendaki telah meninggal dunia dan jenazahnya telah berhasil dibawa turun ke lokasi Kebun Jeruk jalur Torean. Dedy Asriady menjelaskan, “Menurut informasi yang kami terima, korban terlihat kelelahan saat sedang berjalan, lalu duduk sejenak, dan sayangnya, ia langsung meninggal di tempat.” Kejadian ini terjadi pada Minggu, 29 Oktober 2023.

Setelah menerima informasi tersebut dan melakukan koordinasi, sekitar pukul 12.00 WITA, Tim Rescue Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) bersiap berangkat. Tim ini terdiri dari enam orang porter dan satu orang tenaga medis yang siap melakukan penjemputan.

“Tim tiba di Pos Birisan Nangka sekitar pukul 13.30 WITA dan melanjutkan perjalanan ke lokasi Kebun Jeruk,” ucapnya. Sekitar pukul 18.30 WITA, tim evakuasi bersama korban tiba di Desa Torean, kemudian korban dibawa ke Puskesmas Senaru. Setibanya di Puskesmas Senaru sekitar pukul 19.21 WITA, korban langsung menjalani pemeriksaan oleh tenaga medis.

“Pukul 20.05 WITA, dilakukan serah terima korban oleh pihak TNGR kepada pihak keluarga untuk dibawa pulang ke rumah duka,” ujarnya.

Dedy mengimbau para pendaki agar tetap memperhatikan dan mengikuti SOP pendakian di Taman Nasional Gunung Rinjani.

“Selalu gunakan kelengkapan pendakian yang memadai, membawa cukup persediaan logistik dan ketika dirasa kelelahan jangan memaksakan diri untuk melanjutkan perjalanan,” katanya.

“Istirahatlah sejenak untuk mengisi tenaga dan kemudian melanjutkan perjalanan kembali. Karena tujuan yang sesungguhnya ketika mendaki adalah kembali pulang ke rumah, lalu berkumpul bersama keluarga dan orang-orang tersayang,”  Pungkas Dedy.***

Editor: Fahrul Rozi/Penulis: M.Amrin Hakim

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews