Presiden FIFA: Posisi Strategis Indonesia di Kawasan Asia

LAMANRIAU.COM – Presiden Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA), Gianni Infantino, mengungkapkan bahwa Indonesia memiliki posisi strategis di kawasan Asia. Infantino menyampaikan penilaiannya ini ketika membahas kemungkinan penempatan kantor FIFA atau Kantor FIFA Asia Hub di Indonesia.

“Indonesia adalah negara besar, negara sepak bola yang memiliki posisi strategis di antara Timur Tengah dan Asia Timur. Dari sini kami ingin memberikan dampak yang besar tidak hanya di Indonesia tapi juga seluruh regional (kawasan),” kata Infantino usai peresmian kantor FIFA Asia Hub di Menara Mandiri II, Sudirman, Jakarta pada Jumat 10 November 2023.

Ia menjelaskan, dengan keberadaan kantor FIFA di Jakarta, pihaknya akan bekerja lebih intens membenahi speak bola Indonesia. “Kita akan bekerja bersama untuk sepak bola Indonesia, membenahi keamanan (pertandingan), match fixing (pengaturan skor),” ucap pria yang telah memimpin FIFA di periode kedua ini.

Infantino menjelaskan bahwa rencananya akan ada 20 hingga 30 anggota tim FIFA yang akan bekerja di kantor yang berlokasi di Jakarta. Meskipun demikian, ia menegaskan bahwa jumlah ini kemungkinan akan meningkat seiring dengan visi untuk memajukan sepak bola di Indonesia dan kawasan Asia secara keseluruhan.

“Untuk saat ini hanya satu lantai, dan untuk 20-30 orang. Tapi kami berencana untuk mengembangkan tim dan kantor ini lebih besar lagi,” ujar pria berdarah Italia tersebut.

Pagi sebelumnya, Gianni Infantino telah menghadiri acara di Istana Negara, di mana ia menerima penghargaan Bintang Jasa Pratama dari Presiden Joko Widodo. Penghargaan ini diberikan sebagai pengakuan atas jasanya dalam memajukan perkembangan sepak bola di Indonesia, terutama setelah tragedi Kanjuruhan pada 1 Oktober 2022. Pada saat itu, FIFA bekerja sama dengan PSSI dan pemerintah Indonesia untuk merancang road map (peta jalan) pengembangan sepak bola nasional.***

Editor: Fahrul Rozi/Penulis: M.Amrin Hakim

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews