PLN Menyediakan Infrastruktur Dukungan untuk Kendaraan Listrik di IKN

PLN Menyediakan Infrastruktur Dukungan untuk Kendaraan Listrik di IKN

LAMANRIAU.COM – PT PLN (Persero) berencana menyediakan infrastruktur pendukung bagi ekosistem kendaraan listrik di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Darmawan Prasodjo, Direktur Utama PLN, menyatakan bahwa langkah ini sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo untuk menjadikan IKN sebagai kota yang berwawasan lingkungan.

Darmawan menjelaskan bahwa visi IKN adalah menjadi kota futuristik di mana semua moda transportasi harus bersifat ramah lingkungan. “Kami siap untuk mendukung pembangunan infrastruktur pengisian daya kendaraan listrik,” ujarnya pada hari Minggu, 19 November 2023.

Selain itu, fasilitas pembangkit listrik di IKN Nusantara juga akan didesain dengan menggunakan sumber energi hijau. “Komitmen PLN adalah menyediakan pasokan listrik untuk IKN sejalan dengan target Net Zero Emissions 2060,” tambahnya.

Infrastruktur kelistrikan di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara akan didukung oleh pembangkit listrik yang menggunakan sumber energi baru dan terbarukan. Salah satunya adalah Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) dengan kapasitas sebesar 50 MW.

Darmawan menjelaskan, “Kami juga akan mengeksplorasi potensi energi hidro di sekitar IKN untuk menghasilkan 1.000 MW tenaga listrik.” Hal ini akan membuat sistem kelistrikan di IKN Nusantara sepenuhnya berasal dari sumber energi yang ramah lingkungan dan berkelanjutan.

PLN juga berkomitmen untuk menyediakan Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU) serta Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU) di IKN. Hingga Oktober 2023, PLN telah berhasil menyediakan 622 unit SPBKLU, 1.839 unit SPBKLU, dan 9.139 unit SPLU di seluruh Indonesia.***

Editor: Fahrul Rozi/Penulis: M.Amrin Hakim

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews