Prakiraan BMKG: Riau Diprediksi Akan Diguyur Hujan di Akhir Pekan

Prakiraan BMKG: Riau Diprediksi Akan Diguyur Hujan di Akhir Pekan,

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Hujan dengan intensitas ringan hingga lebat, disertai petir dan angin kencang, masih berpeluang mengguyur Riau pada Ahad (26/11/2023). Yasir Prayuna, Forecaster on Duty BMKG stasiun Pekanbaru,, menyampaikan bahwa curah hujan telah terjadi sejak pagi dan diperkirakan akan berlanjut hingga dini hari.

“Curah hujan cenderung tidak merata dan terjadi hanya di sebagian wilayah Riau,” ungkap Yasir.

Dia menjelaskan bahwa pada pagi hari, potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang kemungkinan terjadi di beberapa bagian Kabupaten Pelalawan.

“Sementara itu, pada siang hari, potensi hujan dapat terjadi di sejumlah wilayah, termasuk Kabupaten Kampar, Rokan Hulu, Rokan Hilir, dan Bengkalis,” tambahnya.

Sedangkan sore hingga malam hari potensi hujan terjadi di sebagian besar wilayah Provinsi Riau.

“Dini hari potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Pelalawan, Indragiri Hulu, Kuantan Singingi, Siak, Kampar dan Indragiri Hilir,” cakapnya.

Lanjut Yasir, BMKG mengeluarkan peringatan dini untuk mewaspadai adanya potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang.

“Potensi tersebut terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Kampar, Pelalawan, Kuantan Singingi, Indragiri Hulu, Rokan Hulu, Rokan Hilir, Bengkalis, Siak dan Kota Pekanbaru pada Siang, sore, malam atau dini hari,” jelasnya.

Suhu udara di Riau pada hari ini mencapai rentang 22.0 hingga 33.0 °C, sementara kelembapan udara berkisar antara 60 hingga 99%. Arah angin bertiup dari Barat ke Utara dengan kecepatan berkisar antara 10 hingga 30 Km/jam.

Prakiraan tinggi gelombang di perairan Provinsi Riau diperkirakan berada dalam rentang 0.01 hingga 0.50 meter.***

Editor: Fahrul Rozi/Penulis: M.Amrin Hakim

 

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews