Pemprov Riau Dorong Pembentukan Zona KHAS di Kabupaten/Kota

Provinsi Riau Mendorong Pembentukan Zona KHAS di Kabupaten/Kota

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau bersama Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS) telah menetapkan Zona Kuliner Halal, Aman, dan Sehat (KHAS) di Riau Garden. Riau Garden kini menjadi tuan rumah bagi zona kuliner pertama di Sumatera, di mana setiap tenant di dalamnya wajib memiliki sertifikat halal.

“Zona KHAS yang berlokasi di Riau Garden mencatat sejarah sebagai zona kuliner pertama di Sumatera yang melibatkan semua tenant-nya dalam mendapatkan sertifikat halal. Keberadaan zona ini diharapkan memberikan dampak positif signifikan bagi masyarakat serta mendorong pertumbuhan ekonomi,” ungkap M. Job Kurniawan, Asisten II Sekretariat Daerah Provinsi (Setdaprov) Riau, dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Sertifikasi Halal KDEKS yang berlangsung di Hotel Grand Central Pekanbaru pada Selasa 5 Desember 2023.

M. Job berharap bahwa Zona Kuliner Halal, Aman, dan Sehat (KHAS) dapat bermunculan di setiap Kabupaten Kota di Provinsi Riau, dan mengajak semua pihak terkait untuk bekerja sama mencapai tujuan tersebut.

“Zona KHAS di setiap Kabupaten Kota ini merupakan bukti nyata komitmen kita dalam menghasilkan produk kuliner yang halal,” ujar M. Job.

Pihak Pemerintah Provinsi Riau, menurut M. Job, akan memberikan dukungan kepada setiap Kabupaten Kota di Provinsi Riau untuk memperoleh sertifikasi halal dan mendirikan Zona KHAS di setiap wilayah Kabupaten/Kota di Riau.

“Jangan hanya terbatas di Riau Garden. Jika niatnya sungguh-sungguh, pasti kami akan memberikan bantuan. Mari bersama-sama kita bentuk Zona KHAS di setiap Kabupaten Kota,” tambah M. Job.

M. Job berharap bahwa semua peserta dalam kegiatan hari itu memiliki kesamaan niat untuk mencapai target yang telah ditetapkan. Ia juga mengajak seluruh peserta untuk berkontribusi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Riau melalui produk-produk yang telah bersertifikat halal.

“Semoga kita semua memiliki niat yang seragam dalam mencapainya. Mari bersama-sama memberikan manfaat yang luas dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Riau melalui produk-produk berstandar halal,” tutup M. Job.***

Editor: Fahrul Rozi/Penulis: M.Amrin Hakim

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews