Riau Berpotensi Mengalami Hujan Hingga Akhir Pekan

Riau Berpotensi Mengalami Hujan Hingga Akhir Pekan

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Cuaca di Riau pada akhir pekan ini, Sabtu 16 Desember 2023, diperkirakan akan diwarnai oleh hujan dengan intensitas mulai dari ringan hingga lebat, yang dapat disertai petir dan angin kencang. Yasir Prayuna, Forecaster on Duty BMKG stasiun Pekanbaru, menyampaikan bahwa hujan telah mengguyur Riau sejak pagi hari dan diperkirakan akan berlanjut hingga dini hari.

Menurut Yasir Prayuna, hujan cenderung tidak merata dan terjadi di sebagian wilayah Riau. Pada pagi hari, potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di beberapa wilayah seperti Kabupaten Bengkalis, Siak, Kuantan Singingi, Pelalawan, Indragiri Hulu, Indragiri Hilir, dan Kota Dumai.

“Saat siang hari, potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang diperkirakan terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Rokan Hilir, Bengkalis, Kampar, Siak, Pelalawan, Kota Pekanbaru, dan Kota Dumai,” ujar Yasir Prayuna.

Pada sore hingga malam hari, potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang diprediksi akan melibatkan sebagian besar wilayah Provinsi Riau.

Dini hari, potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang dapat terjadi di beberapa wilayah, termasuk Kabupaten Rokan Hilir, Bengkalis, Kampar, Siak, Rokan Hulu, Kota Pekanbaru, dan Kota Dumai,” ungkap Yasir.

BMKG juga telah mengeluarkan peringatan dini untuk mewaspadai potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat, yang dapat disertai petir dan angin kencang.

“Peringatan ini berlaku untuk sebagian wilayah, seperti Kabupaten Kampar, Bengkalis, Siak, Kuantan Singingi, Pelalawan, Indragiri Hulu, Rokan Hilir, Rokan Hulu, Kota Pekanbaru, dan Kota Dumai, yang dapat terjadi pada pagi, sore, malam, atau dini hari,” tambahnya.

Suhu udara di Riau hari ini berada dalam kisaran 22.0 – 32.0 °C, dengan kelembapan udara mencapai 60 – 99%. Arah angin diperkirakan berhembus ke Barat – Utara, dengan kecepatan antara 10 – 30 km/jam.

Prakiraan tinggi gelombang di perairan Provinsi Riau diperkirakan berkisar antara 0.01 – 0.50 m (Tenang).***

Editor: Fahrul Rozi/Penulis: M.Amrin Hakim

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews