Terpilih Secara Aklamasi, Desriandi Candra Pimpin PWI Kuansing

Desriandi Candra terpilih sebagai Ketua PWI Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) periode 2023-2026.

LAMANRIAU.COM TELUKKUANTAN –  Desriandi Candra terpilih sebagai Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) periode 2023-2026. Wartawan Riau Pos liputan Kabupaten Kuansing itu terpilih secara aklamasi dalam Konferensi Kabupaten (Konferkab) VI PWI Kuansing, Rabu, 20 Desember 2023 di Balai Diklat Kabupaten Kuansing, Telukkuantan.

Konferkab yang dibuka Asisten II Setda Kuansing, Ir Maisir ini dihadiri Forkopimda Kuansing, Kadis Kominfoss Kuansing Hendra Roza S.Si dan sejumlah kepala OPD lainnya.

Hadir juga anggota Dewan Kehormatan PWI Pusat Helmi Burman SE, sejumlah pengurus PWI Riau, Ketua PWI Kuansing periode 2020-2023 Ultra Sandi S.Pd dan pengurus lainnya.

Dalam sambutan Asisten II Ir Maisir menyebut bahwa perkembangan media di Riau saat ini termasuk yang paling maju.

“Di Riau, dulu tidak ada koran selain koran Haluan dari Sumbar. Ada Genta, tapi mingguan. Itu pun kadang-kadang agak macet-macet terbitnya. Saya dengan pak Helmi Burman ini dulu satu angkatan di Unri, angkatan 1984. Sama-sama juga di koran kampus Bahana Mahasiswa. Jadi waktu itu terpikir oleh kami bagaimana supaya di Riau ini ada koran,” kata Maisir.

Lalu, kata Maisir, diadakan seminar mengundang wartawan-wartawan senior dari pusat dengan tema Kami Rindu Koran di Riau. Dan akhirnya sekarang sejumlah media sudah tumbuh di Riau.

Bahkan koran Riau Pos menjadi koran yang punya peranan besar di Riau bahkan sudah menjadi koran termaju di Sumatera.

Sedangkan, anggota Dewan Kehormatan PWI Pusat, Helmi Burman dalam sambutannya mengatakan, PWI merupakan salah satu oganisasi wartawan yang menjadi konstituen dewan pers.

Ketua Panitia Konferkab VI PWI Kuansing, Robi Susanto melaporkan, konferensi ini merupakan agenda rutin tiga tahunan yang dilaksanakan dengan tujuan penyegaran organisasi dengan memilih pengurus baru untuk melanjutkan estapet berikutnya.

“Untuk anggota PWI saat ini, berjumlah 16 orang, yang masuk DPT sebanyak 14 dan dua lagi sebagai peninjau. Untuk calon sendiri yang maju periode 2023-2026, hanya ada satu nama yaitu Desriandi Candra. Dari hasil yang dilakukan verifikasi oleh PWI Riau dan sudah disetujui oleh PWI Pusat,” jelas Robi.

Usai acara, Desriandi Candra mengajak semua anggota bersama-sama memajukan organisasi PWI Kuansing kedepan. Sehingga organisasi ini menjadi organisasi yang mencerdaskan masyarakat terkait informasi.

“Tetap jaga kekompakan. Jaga marwah. Kedepan, pelatihan-pelatihan terhadap anggota baru akan kita tingkatkan,” kata alumnus FISIP Unri itu.

Sebelum terpilih, Desriandi Candra pada sidang pleno yang dipimpin Jinto Lumban Gaol, Bambang Irawan Syahputra dan HM Ikhwan (ketiganya dari PWI Riau), diminta untuk menyampaikan visi misi.

Dalam visi misinya, Desriandi Candra menyatakan dirinya akan berupaya mewujudkan PWI Kuantan Singingi yang bermarwah dan berintegritas. Karena ini sangat penting dalam menghadapi dinamika menjalankan profesi jurnalis kedepan.

Bermarwah dimaknai, bahwa orang-orang yang bergabung dalam PWI Kuantan Singingi adalah orang-orang yang memiliki attitude atau perilaku yang baik. Artinya, tidak melakukan perbuatan tercela, kriminalitas, melakukan pemerasan dan lainnya.

“Kalau ada yang seperti itu, sebaiknya tidak bergabung dan masuk dalam rumah PWI Kuantan Singingi,” tegasnya.

Untuk mewujudkan PWI Kuantan Singingi yang bermarwah itu, sambung Desriandi, harus didukung dengan integritas yang dimiliki. Caranya, tentu dengan meningkatkan kualitas anggota PWI Kuantan Singingi itu sendiri melalui program Uji Kompetensi Wartawan (UKW).

“Mana yang belum UKW, harus ikut UKW. Mana masih UKW Muda, naik tingkat UKW Madya, dan seterusnya. Jadi tidak ada lagi anggota PWI Kuantan Singingi yang tidak UKW. Harus 100 persen. Begitu juga bagi kawan-kawan wartawan yang akan bergabung ke PWI, kami terbuka. Tetapi syaratnya harus UKW,” tegasnya lagi.

Selain itu, lanjut Desriandi, PWI Kuantan Singingi mendorong peningkatan wawasan jurnalistik anggota melalui safari jurnalistik, studi banding jurnalistik, lomba-lomba karya tulis jurnalistik, upgrading, workshop, kerjasama baik dengan institusi pemerintah maupun swasta.

“Tentu saja dalam mewujudkan itu, kami berharap dukungan dari Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi maupun PWI Riau,” ujar pria yang sudah hampir 20 tahun berprofesi sebagai wartawan itu.

Sementara itu, Wakil Ketua PWI Riau Bidang Organisasi Bambang Irawan Syahputra dalam sambutannya mengajak seluruh anggota PWI Kabupaten Kuantan Singingi untuk selalu kompak, menjaga soliditas dan integritas.

“Sesuai harapan yang selalu disampaikan Ketua PWI Riau, seluruh anggota PWI tetap solid dan kompak. Hilangkan semua perbedaan demi kemajuan PWI Kabupaten Kuansing kedepan,” harapnya. ***

Editor: Suharman

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews