Tabrakan Kapal di Selat Panjang, Dumai Line dan Dumai Express

Tabrakan Kapal di Selat Panjang, Dumai Line dan Dumai Express

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Kecelakaan laut terjadi di Perairan Kepulauan Meranti antara Kapal Dumai Express 12 dan Dumai Line 3. Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam insiden ini, meskipun bodi samping kapal mengalami kerusakan parah.

Kapolres Kepulauan Meranti, AKBP Kurnia Setiawan, menyampaikan bahwa kecelakaan terjadi sekitar pukul 11.57 WIB di Pelabuhan Tanjung Harapan, Selat Panjang.

“Terjadi kecelakaan laut antara MV Dumai Express 12 dan MV Dumai Line 3 di perairan Kepulauan Meranti, tepat di Pelabuhan Tanjung Harapan, Selat Panjang,” ungkap Kurnia, Pada Senin 25 Desember 2023.

MV Dumai Express 12 mengalami kerusakan pada dinding kanan atasnya setelah bertabrakan dengan Dumai Line 3. Diduga penyebab kejadian tersebut adalah kondisi permukaan air di dermaga yang sedang surut.

Menurut pernyataan Kurnia, Diduga kondisi permukaan air di dermaga sedang surut. Arus mengalir dengan deras, menyebabkan badan kapal MV Dumai Express 12 bergerak atau bergeser mengikuti arus air. Ini diduga menjadi penyebab terjadinya tabrakan.

Akibat tabrakan, bagian dinding kapal sebelah kanan mengalami kerusakan sepanjang sekitar 8 meter dengan lebar 80 cm. Sebanyak 178 penumpang dari Kapal MV Dumai Express 12 dievakuasi menggunakan Kapal MV Dumai Line 3 menuju Pelabuhan Tanjung Buton-Siak.

Semua penumpang dilaporkan telah tiba dengan selamat sekitar pukul 14.15 WIB, dan untungnya, tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

“Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Saat ini, kapal MV Dumai Express 12 bersandar di Pelabuhan Polairud untuk menunggu proses perbaikan. Nahkoda kapal MV Dumai Express 12 sedang menjalani pemeriksaan oleh Sat Polair Polres Kepulauan Meranti,” pungkasnya.***

Editor: Fahrul Rozi/Penulis: M.Amrin Hakim

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews