Potensi Hujan Lebat di Riau pada Awal Tahun 2024

Riau Berpotensi Mengalami Hujan Hingga Akhir Pekan

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Cuaca di Riau pada awal tahun 2024  ini diprediksi akan mengalami hujan dengan intensitas yang bervariasi, mulai dari ringan hingga lebat, yang mungkin disertai petir dan angin kencang.

Forecaster on Duty BMKG stasiun Pekanbaru, Yasir Prayuna, menyatakan bahwa hujan telah mengguyur Riau sejak pagi dan diperkirakan akan berlanjut hingga dini hari.

Menurut Yasir, hujan tersebut bersifat tidak merata dan hanya terjadi di sebagian wilayah Riau. Pagi hari, potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di Kabupaten Rokan Hilir, Rokan Hulu, Kampar, Kuantan Singingi, Siak, Pelalawan, Indragiri Hulu, dan Indragiri Hilir.

“Sementara siang hari, potensi hujan dapat terjadi di sebagian wilayah Kota Dumai, Kabupaten Rokan Hulu, Bengkalis, Siak, Kampar, Pelalawan, Kepulauan Meranti, Indragiri Hulu, dan Kota Pekanbaru,” ungkapnya,  Senin 1 Januari 2024.

Dari sore hingga malam hari, terdapat potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang yang melanda sebagian besar wilayah Riau.

Yasir menyampaikan, “Dini hari, terdapat potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang di beberapa daerah, seperti Kota Dumai, Kabupaten Bengkalis, Kampar, Rokan Hulu, Rokan Hilir, Kepulauan Meranti, dan Pelalawan.”

Lebih lanjut, Yasir menginformasikan bahwa BMKG telah mengeluarkan peringatan dini untuk mewaspadai potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang bisa disertai petir dan angin kencang.

“Peningkatan potensi tersebut terfokus di beberapa wilayah, seperti Kabupaten Kampar, Rokan Hulu, Siak, dan Bengkalis pada siang, sore, dan malam hari,” tambahnya.

Saat ini, suhu udara di Riau berkisar antara 23.0 – 31.0 °C, dengan kelembapan udara mencapai 65 – 99%. Arah angin berhembus dari Barat Laut ke Timur Laut dengan kecepatan berkisar antara 10 – 30 km/jam.

Prakiraan tinggi gelombang di perairan Provinsi Riau diperkirakan berkisar antara 0.50-1.25 meter.***

Editor: Fahrul Rozi/Penulis: M.Amrin Hakim

 

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews