Letusan Gunung Marapi, Muntahkan Abu Vulkanik Mencapai Ketinggian 1,3 Km

LAMANRIAU.COM, SUMATERA BARAT – Gunung Marapi di Sumatera Barat kembali mengalami letusan pada pagi hari ini sekitar pukul 06.21 WIB, Ahad 14 Januari 2024. Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mencatat bahwa kolom letusan yang teramati mencapai ketinggian sekitar 1.300 meter di atas puncak gunung.

Petugas Pos Pengamatan Gunung Api Marapi, Teguh Purnomo, menyampaikan informasi resmi bahwa letusan terjadi pada tanggal 14 Januari 2024, pukul 06:21 WIB. Tinggi kolom letusan yang teramati mencapai ±1.300 meter di atas puncak gunung, yang berada pada ketinggian sekitar ±4.191 meter di atas permukaan laut.

Teguh juga melaporkan bahwa kolom abu yang dihasilkan memiliki warna kelabu dan tersebar dengan intensitas tebal ke arah barat laut. Hingga saat laporan ini dibuat, proses erupsi masih berlangsung.

Sementara itu, Teguh mengimbau kepada masyarakat di sekitar Gunung Marapi, serta kepada pendaki, pengunjung, dan wisatawan, untuk tidak memasuki dan menjauhi wilayah dengan radius 4.5 km dari pusat erupsi, yaitu Kawah Verbeek di Gunung Marapi.

Selain itu, Teguh juga menegaskan kepada masyarakat yang tinggal di sekitar lembah, aliran sungai, dan bantaran sungai yang berhulu di puncak Gunung Marapi untuk selalu waspada terhadap potensi ancaman bahaya lahar, terutama pada musim hujan.

Teguh memberikan peringatan bahwa jika terjadi hujan abu, masyarakat disarankan untuk menggunakan masker penutup hidung dan mulut guna menghindari gangguan pada saluran pernapasan (ISPA). Selain itu, disarankan juga untuk menggunakan perlengkapan pelindung mata dan kulit. Selanjutnya, Teguh menyarankan agar masyarakat mengamankan sumber air bersih dan membersihkan atap rumah dari abu vulkanik yang tebal guna mencegah kerusakan dan potensi robohnya atap rumah.

“Seluruh pihak agar menjaga kondusivitas suasana di masyarakat, tidak menyebarkan narasi bohong (hoax), dan tidak terpancing isu-isu yang tidak jelas sumbernya. Masyarakat harap selalu mengikuti arahan dari Pemerintah Daerah,” pungkasnya.

Diketahui, Gunung Marapi terletak di Kabupaten atau Kota Agam, Batusangkar, Sumatera Barat dengan posisi geografis di Latitude -0.381°LU, Longitude 100.473°BT dan memiliki ketinggian 2891 mdpl.(okz)***

Editor: Fahrul Rozi/Penulis: M.Amrin Hakim

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews