Longsor di Jalan Lintas Riau-Sumbar, Sistem Buka Tutup untuk Lalu Lintas Kendaraan

Longsor di Jalan Lintas Riau-Sumbar, Sistem Buka Tutup untuk Lalu Lintas Kendaraan

LAMANRIAU.COM, KAMPAR – Di Kilometer 90, Desa Tanjung Alai, Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar, terjadi longsor pada Jumat dini hari 26 Januari . Reruntuhan tanah dan batuan telah ditangani oleh Balai Pelaksana Jalan Nasional. Saat ini, ruas jalan nasional tersebut sudah dapat dilalui oleh kendaraan, meskipun dengan sistem buka tutup. Sebelumnya, ruas jalan tersebut mengalami kemacetan karena tertimbun longsor.

“Balai Jalan Nasional telah menangani longsor di Jalan Lintas Riau-Sumatera Barat. Ruas jalan nasional kini dapat dilalui kendaraan, namun masih dengan sistem buka tutup,” ujar M Edy Afrizal, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, pada Jumat 26 Januari 2024.

Edy Afrizal menyatakan bahwa saat ini pihak kementerian sedang aktif membersihkan ruas jalan yang mengalami longsor, dengan tujuan agar arus lalu lintas dapat kembali normal.

“Balai Jalan Nasional terus bekerja membersihkan longsor yang menutup badan jalan. Setelah seluruhnya bersih, jalan akan berfungsi seperti biasa dan tidak lagi mengalami sistem buka tutup,” ungkapnya.

Beliau juga mengimbau kepada masyarakat yang berencana melakukan perjalanan ke arah Sumbar untuk tetap berhati-hati dan waspada, terutama saat berada di daerah rawan longsor.***

Editor: Fahrul Rozi/Penulis: M.Amrin Hakim

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews