Siap Sukseskan Pemilu, Ribuan Anggota Linmas se Kabupaten Kuansing Ikuti Pembekalan

Bupati Kuansing Suhardiman Amby menyalami salah seorang anggota Linmas di sela acara pembekalan, Selasa (6/2/2024) di Gedung Abdoer Rauf Telukkuantan.

LAMANRIAU.COM, TELUKKUANTAN – Bupati Drs. H. Suhardiman Amby, Ak, MM, Selasa 06 Februari 2024 menggelar Rapat Koordinasi dan Pembekalan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) se Kabupaten  Kuantan Singingi (Kuansing). Rakor dan Pembekalan yang digelar di Gedung Abdoer Rauf Telukkuantan ini diikuti dua ribu lebih petugas Satlinmas.

Kegiatan ini juga dihadiri Kapolres Kuansing AKBP Pangucap Priyo Soegito, S.Ik, MH, Dandim 0302 Inhu-Kuansing Letkol Inf Dani Prasetyo, Kajari Kuansing Nurhadi Puspandoyo, SH, MH, Wakil Ketua II DPRD kuansing Jufrizal, SE, M.Si, serta Ketua Bawaslu Kuansing Mardius Adi Saputra, SH, MH.

Kegiatan ini, kata Bupati Suhardiman, bertujuan untuk memberikan pembekalan agar seluruh anggota Satlinmas di Kabupaten Kuansing mampu memahami apa yang menjadi tugas dan tanggung jawabnya yang harus siap serta profesional dalam menjaga keamanan dan ketertiban selama proses pemilihan umum berlangsung.

Bupati Suhardiman mengatakan bahwa Satlinmas ini merupakan tugas bela negara untuk memberikan keamanan dan kenyamanan di tengah-tengah masyarakat terutama di saat pesta demokrasi Pemilu yang akan berlangsung dengan harapan bahwa masyarakat dapat menyalurkan hak suaranya dengan rasa aman.

“Lakukanlah tugas dengan penuh tanggung jawab dan diharapkan dapat hadir 24 jam di tengah-tengah masyarakat. Di kesempatan pembekalan ini pelajari dan ikuti materinya secara baik untuk membentuk fisik serta mental jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pada pelaksanaan Pemilu berlangsung,” ungkap Suhardiman.

Melalui pembekalan ini Satlinmas mendapatkan pemahaman tentang peraturan dan prosedur yang berlaku dalam pengamanan Pemilihan Umum. Satlinmas juga diharapkan meningkatkan koordinasi dengan aparat keamanan serta pihak KPU agar langkah-langkah pengawasan dan penanganan dapat terkendali.

“Kerja sama yang baik antara Satlinmas, kepolisian, dan instansi terkait lainnya, diharapkan Pemilihan Umum 2024 dapat berjalan dengan aman, lancar, dan demokratis,” ujarnya.

Sementara itu, Kasatpol PP Kuansing Shanti Evi Dimeti, SH, mengatakan bahwa petugas Satlinmas ini akan disebar ke 1.006 TPS yang ada di Kabupaten Kuantan Singingi. Total ada sebanyak 2.012 petugas Satlinmas dengan ketentuan 2 orang untuk masing-masing TPS. ***

Editor: Suharman

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews