Kobaran Api Melambung Tinggi, Truk Tangki Pengangkut BBM Terbakar di Dumai

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Sebuah mobil tangki pengangkut bahan bakar minyak (BBM) terbakar di Jalan Gatot Subroto kilometer 11, Kelurahan Mekar Sari, Kecamatan Dumai Selatan, Kota Dumai pada Minggu 25 Februari 2024) sekitar pukul 10.30 WIB. Menurut Kapolres Dumai AKBP Dhovan Oktavianton, kendaraan yang terbakar adalah truk tangki milik PT Elnusa Petroleum dengan nomor polisi B 9606 TEJ.

“Truk tangki yang membawa BBM tersebut sedang dalam perjalanan menuju PT Armada Pelita Abadi di Desa Aek Kota Batu, Labuhan Batu. Muatan truk tersebut terdiri dari 16 KL Pertalite dan 8 KL Bio Solar,” ujar Dhovan.

Dhovan menjelaskan bahwa peristiwa tersebut tidak menelan korban jiwa. Pengemudi truk, yang bernama Irsyad (38), dan Yazid (25) sebagai kernet, selamat dari kejadian tersebut.

Ia menjelaskan bahwa awalnya truk tangki tersebut berangkat dari arah Bukit Timah menuju Ujung Tanjung, kemudian melintas di KM 11 Jalan Gatot Subroto. Saat itu, truk tersebut beralih ke kiri ruas jalan.

“Dengan demikian, ban sebelah kiri truk masuk ke berem yang mengakibatkan truk terguling,” terang Dhovan.

Beberapa saat kemudian, supir dan kernet yang berada dalam truk segera keluar untuk menyelamatkan diri. Tak berselang lama, truk tiba-tiba terbakar dan menyebabkan ledakan. Kejadian ini menarik perhatian warga sekitar.

Tak hanya itu, lima unit mobil pemadam kebakaran dari BPBD Dumai dan empat unit Mobil Fire Pertamina tiba di lokasi kejadian. Api berhasil dipadamkan pada pukul 13.20 WIB.

Menurut Dhovan, penyebab kecelakaan diduga akibat kurangnya kewaspadaan dari supir truk dalam mengemudi.

“Kasus ini sedang diselidiki oleh unit Laka Lantas Polresta Dumai. Kerugian yang ditimbulkan diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah,” tambah Dhovan.***

Editor: Fahrul Rozi/Penulis: M.Amrin Hakim

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews