Riau  

Gerak Cepat, Pj Gubri SF Hariyanto Segera Perbaiki Jalan Rusak

Pj Gubernur Riau SF Hariyanto meninjau sejunlah titik jalan rusak di Kota Pekanbaru.

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Usai dilantik oleh Menteri dalam negeri (Mendagri) Tito Karnavian pada Kamis 29 Februari 2024 lalu. Penjabat (Pj) Gubernur Riau (Gubri) SF Hariyanto langsung tancap gas “berburu” jalan rusak yang ada di kota Pekanbaru, Sabtu 02 Maret 2024.

Beberapa jalan rusak yang ditinjau Pj Gubri diantaranya yakni Jalan Parit Indah, Jalan Juanda, Jalan Ahmad Yani dan juga Jalan Cipta Karya. jalan ini sempat viral karena rusak parah dan sangat mengganggu masyarakat yang melintas.

Agar bisa segera diperbaiki, Pemerintah Provinsi Riau dan Pemerintah Kota Pekanbaru sepakat untuk mengalihkan status kewenangan jalan tersebut dari jalan milik Pemko Pekanbaru menjadi jalan provinsi.

“Setelah saya dilantik, saya sampaikan salah satu program utama saya yakni memperbaiki jalan rusak. Seperti yang ada di kota Pekanbaru ini, karena Pekanbaru merupakan wajah provinsi Riau,” katanya.

Disebutkan Pj Gubri, kalau hanya mengandalkan Pemko Pekanbaru untuk memperbaiki jalan tentu memerlukan waktu lama. Karena kondisi keuangan Pemko Pekanbaru juga cukup terbatas.

“Karena itu mau tak mau harus kita selesaikan, saat ini proses administrasi penyerahan jalan juga sedang digesa. Total ada 16 ruas jalan di Pekanbaru yang diambil alih provinsi,” sebutnya.

Pihaknya berharap, jika administrasi pengalihan jalan sudah selesai maka perbaikan akan langsung dilakukan. Sehingga saat Idul Fitri nantinya jalan-jalan di Kota Pekanbaru sudah nyaman dilintasi oleh masyarakat.

“Targetnya tahun ini perbaikan jalannya sudah selesai, setelah ini kami akan rapat bersama TAPD untuk membahasnya,” tegasnya.

Warga Apresiasi

Sementara itu salah seorang warga jalan Cipta Karya Taufik (45) yang ditemui di lokasi peninjauan mengapresiasi langkah yang dilakukan Pj Gubernur Riau SF Hariyanto tersebut. Menurutnya, persoalan jalan rusak ini memang harus menjadi perhatian serius bagi pemerintah.

“Awalnya tadi saya lihat kenapa ramai-ramai di jalan. Ternyata pak Gubernur meninjau untuk memperbaiki jalan rusak. Ini baru pemimpin, jangan hanya di kantor, tapi harus turun mendengar keluhan masyarakat,” papar Taufik.

Menurutnya, kerusakan di jalan Cipta Karya memang sudah cukup parah san sempat menelan korban. Apalagi saat-saat banjir kemaren, kerusakan semakin parah.

“Terima kasih kepada pak Gubernur, semoga jalan disini segera diperbaiki dan persoalan banjir juga pak, perlu dituntaskan karena masyarakat sangat terganggu dengan persoalan jalan rusak dan banjir ini,” imbuh pria yang berprofesi sebagai pedagang itu. (Adv)

Editor: Fahrul Rozi

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews