Kemenparekraf Dukung Penuh Karya Anak Bangsa di Platform Komik Digital Comicone.id

Comicone.id

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Saat ini, komik tidak hanya bisa dinikmati dalam bentuk fisik, melainkan juga secara digital. Salah satu platform yang menyediakan komik digital adalah Comicone.id, yang resmi diluncurkan pada Jumat, 1 Maret 2024.

Komik ini bertujuan sebagai wadah untuk memamerkan karya-karya komik dari para seniman Indonesia. Poempida Hidayatulloh, pendiri Comicone.id, berharap bahwa langkah baru ini akan memberikan warna segar bagi industri kreatif Indonesia.

“Kami berharap dapat memberikan warna baru dalam industri kreatif di Indonesia.  Dengan munculnya berbagai produk AI dalam isu seni ilustrasi tidak boleh menjadi halangan bagi terciptanya karya seni ilustrasi anak Bangsa Indonesia dengan kearifan lokal,” ujarnya Sabtu, 2 Maret 2024.

Soft launching Comicone.id juga mendapat dukungan sepenuhnya dari Menparekraf Sandiaga Uno, yang memberikan ucapan selamat secara digital kepada Comicone.id.

“Masyarakat kini semakin terbiasa untuk mengkonsumsi konten-konten digital. saya Sandiaga Salahuddin Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi kreatif Republik Indonesia mengucapkan selamat kepada comicone platform komik digital asli buatan Indonesia.  Sukses selalu dan semoga dapat terus mewarnai industri kreatif nasional industri kreatif Indonesia,” ujar Sandiaga Uno dalam sambutannya di video rekaman.

Upaya ini tentu akan membantu para pekerja seni ilustrasi dalam membuka pasar di Indonesia, kata Sandiaga. Kemenparekraf mengaku akan selalu mendukung semua pihak uang berupaya untuk mengembangkan dunia usaha di bidang animasi.

“Hal yang tidak boleh dilupakan Adalah membantu para pekerja seni ilustrasi dalam membuka pasar di Indonesia. Kemenparekraf akan selalu memberi dukungan kepada semua Insan dan upaya untuk mengembangkan dunia usaha di bidang animasi yang mengakselerasi kemajuan industri kreatif di Indonesia,” tambahnya.

Pada acara soft launching, banyak karakter-karakter komik khas Comicone.id ditampilkan dalam ukuran manusia biasa. Selain itu, Direktur Aplikasi, Permainan, Televisi, dan Radio dari Kemenparekraf RI, Iman Santoso, turut hadir. Ia menegaskan bahwa potensi dunia kreatif sangatlah besar. Ia mengilustrasikan bahwa kapitalisasi pasar game dunia saat ini sudah mencapai lebih dari tiga kali lipat kapitalisasi pasar film Hollywood dan pasar musik dunia yang digabungkan.

Iman Santoso lebih lanjut mengindikasikan bahwa Indonesia masih belum sepenuhnya terlibat dalam dunia kreatif ini. Kemenparekraf terus mendorong kegiatan-kegiatan yang memiliki potensi untuk berkembang, seperti Comicone.id.***

Editor: Fahrul Rozi/Penulis: M.Amrin Hakim

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews