Pendaftaran Mudik Gratis Kemenhub 2024 Dibuka, Berikut Panduan Pendaftarannya

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU- Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memberikan imbauan kepada masyarakat untuk segera mendaftar dalam program mudik gratis menggunakan moda bus melalui aplikasi ‘MitraDarat’. Aplikasi ini dapat diunduh oleh warga yang berencana untuk mudik lebaran melalui platform PlayStore atau AppStore.

Pendaftaran untuk program mudik gratis Kemenhub tahun 2024 dapat dilakukan mulai tanggal 6 Maret hingga 3 April 2024. Kemenhub berharap agar kuota yang disediakan dapat terpenuhi secara keseluruhan.

“Adapun syarat dan ketentuan Mudik Gartis Tahun 2024 antara lain pendaftaran secara online, melalui aplikasi mobile ‘MitraDarat’. Peserta juga wajib memiliki dokumen kependudukan yang sah pada saat mendaftar (KTP),” kata Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Hendro Sugiatno dalam keterangan persnya, di Jakarta, Rabu 6 Maret 2024.

Hendro mengatakan, peserta mudik gratis hanya bisa memilih satu kota tujuan mudik. Pada aplikasi MitraDarat, calon pemudik nantinya melakukan login pada aplikasi dengan memasukkan email/akun Google.

“Selanjutnya masukkan nomor telepon (WhatsApp) dan masukkan kode OTP, jika diminta. Jika login berhasil, nanti muncul halaman utama aplikasi MitraDarat dan pilih tab ‘event’ untuk lihat menu Mudik Gratis,” kata Hendro.

Jika peserta dalam program mudik gratis berencana untuk melakukan perjalanan pulang-pergi (PP), Hendro menyatakan bahwa pendaftaran untuk arus balik akan dilaksanakan secara bersamaan dengan pendaftaran arus mudik. Syaratnya adalah peserta harus memilih kota balik yang sama dengan kota tujuan mudik yang telah dipilih.

“Hendro menjelaskan, peserta diberikan waktu H+5 (lima) setelah tanggal pendaftaran untuk melakukan registrasi/validasi ulang di posko yang telah ditentukan. Jika peserta tidak melakukan validasi ulang dalam waktu H+5 (lima) tersebut, data peserta dianggap gugur/hangus, dan kuota akan otomatis bertambah,” ungkap Hendro.***

Editor: Fahrul Rozi/Penulis: M.Amrin Hakim

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews