Pasar Induk di Jalan Soekarno-Hatta Pekanbaru Akan Selesai, Pedagang Diminta Segera Bersiap Pindah

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Pembangunan Pasar Induk di Jalan Soekarno-Hatta Pekanbaru hampir mencapai tahap penyelesaian. Rencananya, Pasar Induk tersebut akan mulai beroperasi setelah perayaan Lebaran. Sosialisasi telah dilakukan kepada pedagang agar mereka siap untuk relokasi.

Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru telah mengajukan permintaan kepada para pedagang untuk bersiap-siap memindahkan usaha mereka begitu pembangunan selesai. Mereka akan diberikan kesempatan untuk mengisi lapak dan kios yang telah disediakan oleh pengembang.

“Kami mengharapkan agar Pasar Induk ini dapat berfungsi sesuai tujuannya. Oleh karena itu, setelah Pasar Induk dibuka, kami menekankan pentingnya bagi semua pedagang untuk segera beralih ke sana,” ujar Kepala Disperindag Kota Pekanbaru, Zulhelmi Arifin, pada hari Minggu 24 Maret 2024.

Diperlukan Keseriusan Bersama untuk Membangkitkan Pasar Induk, Penting bagi kita semua untuk memperlihatkan komitmen yang kuat dalam menghidupkan Pasar Induk.

Kita harus memastikan bahwa setelah pedagang pindah ke Pasar Induk, tidak ada lagi yang kembali berjualan di pasar tradisional lainnya. Pasar Induk harus berperan sebagai pusat distribusi utama untuk komoditas bahan pokok yang disalurkan kepada konsumen.

Saat ini, terdapat sekitar 300 pedagang bahan pokok yang beroperasi di area terminal C BRPS. Mereka dijadwalkan untuk dipindahkan ke Pasar Induk setelah perayaan Lebaran tahun ini.

“Kita berharap adanya bantuan dari bidang perhubungan dan juga penegak Perda, agar bersama-sama dengan kita untuk bisa mendorong pedagang ke Pasar Induk,” terangnya.

Ami, seorang pria yang dikenal dengan panggilan akrabnya, menegaskan bahwa pedagang akan dipindahkan ke area Pasar Induk hanya setelah bangunan utama dan infrastruktur pendukung telah selesai dibangun.

“Dengan jaminan tersebut, mereka semua akan memiliki tempat yang sesuai. Namun, infrastruktur lainnya seperti jalan, fasilitas bongkar muat, toilet, dan lain-lain harus juga sudah tersedia secara lengkap,” katanya dengan tegas.***

Editor: Fahrul Rozi/Penulis: M.Amrin Hakim

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews