72 Siswa MAN 1 Kota Pekanbaru Lulus Perguruan Tinggi Negeri Jalur SNBP 2024

Gedung MAN 1 Pekanbaru

LAMANRIAU.COM , PEKANBARU – MAN 1 Pekanbaru meluluskan 72 siswa kelas XII pada Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) tahun 2024 ke berbagai Perguruan Tinggi Negeri favorit di seluruh Indonesia.

Berdasarkan data yang diperoleh Tim BK MAN 1 Kota Pekanbaru sebanyak dua orang siswa lulus di Institut Pertanian Bogor (IPB).
Dua siswa lulus di Institut Teknologi Bandung (ITB), satu siswa lulus di Universitas Gadjah Mada (UGM).

Dua siswa lulus di Universitas Padjajaran (Unpad), empat siswa lulus di Universitas Brawijaya, dua siswa lulus di Universitas Pendidikan Indonesia, dan beberapa Perguruan Tinggi Negeri favorit lainnya.

“Angka kelulusan SNBP tahun ini mengalami peningkatan yang signifikan dari tahun sebelumnya,” ujar Kepala MAN 1 Kota Pekanbaru Norerlinda, Rabu (27/3/2024).

“Alhamdulillah tahun ini 72 siswa MAN 1 lulus di PTN melalui jalur SNBP. Ini bukan pencapaian yang didapat secara instan, tentu saja berawal dari proses panjang yang mereka lalui selama di madrasah,” lanjutnya.

MAN 1 Kota Pekanbaru menghadirkan program-program unggulan yang membantu untuk mengantarkan siswa untuk menemukan bakat dan minat mereka secara tepat.

“Hal ini tentu saja tidak akan terwujud tanpa adanya dukungan penuh dari orang tua/wali siswa, Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Riau, Kementerian Agama Kota Pekanbaru, serta stakeholder lainnya,” sebut Norerlinda.

Terdapat sepuluh program unggulan yang menjadi andalan MAN 1 Kota Pekanbaru. Yakni program kelas Cambridge, kelas SKS Percepatan.

Kelas Olimpiade, kelas Timur Tengah, kelas Tahfiz, kelas Riset, kelas Robotik, kelas IT, kelas Mutimedia, dan kelas Enterpreneur.

Prestasi ini juga tak lepas dari peran serta tim BK MAN 1 Kota Pekanbaru yang turut mendampingi para siswa dalam mengejar mimpi dan cita-cita mereka dengan mempertahankan motto “Jurusan Tepat, Karir Hebat”.

“Selamat kepada seluruh siswa yang telah berhasil melalui jalur SNBP. Tidak lupa, semangat terus untuk para siswa yang masih berjuang melalui jalur lainnya. Bersama-sama, mari kita terus memperjuangkan pendidikan yang berkualitas demi masa depan yang lebih cerah,” kata Norerlinda.

Ia berharap keberhasilan ini menjadi motivasi bagi semua pihak untuk terus berupaya dan berprestasi di masa yang akan datang.

“Alhamdulillah anak saya lulus di Jurusan Kedokteran Universitas Andalas. Terima kasih atas semua dukungan yang diberikan oleh madrasah,” ujar orangtua dari Rajwa Syuraya Waldi.

Ia mengaku sangat terbantu dengan program-program yang dihadirkan oleh madrasah sehingga mengantarkan anaknya memperoleh prestasi yang gemilang.

“Seperti tahun lalu anak saya meraih juara 2 pada Internasional Science Technology & Engeneering Competition (ISTEC) 2023 Bali,” bebernya.

Ia mengucapkan terima kasih kepada guru dan tenaga kependidikan yang memberikan ilmu, arahan, dan bimbingan kepada para siswa. (rls)

 

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews