Riau  

BKKBN Riau Gelar Pra Rakerda Program Bangga Kencana dan FKPPS Tingkat Provinsi

Perwakilan BKKBN Provinsi Riau melaksanakan kegiatan Pra Rakerda Program Bangga Kencana dan Forum Koordinasi Percepatan Penurunan Stunting (FKPPS) Tingkat Provinsi Riau tahun 2024.

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Perwakilan BKKBN Provinsi Riau melaksanakan kegiatan Pra Rakerda Program Bangga Kencana dan Forum Koordinasi Percepatan Penurunan Stunting (FKPPS) Tingkat Provinsi Riau bertempat di Hotel Grand Central Pekanbaru, Senin 1 Maret 2024.

Rakerda Program Bangga Kencana dan Forum Koordinasi Percepatan Penurunan Stunting akan dilaksanakan pada Selasa 2 April 2024 yang dihadiri oleh Penjabat Gubernur Riau SF Hariyanto dan Sekretaris Utama BKKBN RI Tavip Agus Rayanto.

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Riau Mardalena Wati Yulia menyampaikan, Rakerda merupakan salah satu wadah strategis dalam rangka mengevaluasi pelaksanaan kegiatan program Bangga Kencana dan Percepatan Penurunan Stunting pada tahun 2023 dan memperkuat sinergi atau strategi program tersebut pada tahun 2024.

“Tentu dalam kesempatan ini kami mengucapkan terimakasih yang tak terhingga atas dukungannya kepada mitra kami Kepala OPD KB, Kepala Bappeda, Kepala Dinas Kesehatan, IBI dan Satgas Percepatan Penurunan Stunting. Alhamdulillah dari 6 indikator sasaran strategis BKKBN mulai dari angka TFR, mCPR, unmet need, Indek Pembangunan Keluarga, UKP dan ASFR 15-19, 5 dari sudah diatas 100 persen,” kata Mardalena.

Ia menyebutkan, hanya satu yang belum tercapai, namun pencapaiannya sudah di atas angka 90 persen yaitu angka TFR atau angka rata-rata anak yang dimiliki oleh seorang ibu selama masa reproduksi.

Dalam kesempatan ini Mardalena juga menyampaikan materi capaian dari target Program Bangga Kencana berdasarkan perhitungan IKU (Indikator Kinerja Utama) dan IKK (Indikator Kinerja Kunci) tahun 2023.

Materi kegiatan Pra Rakerda ini yaitu Evaluasi Program Bangga Kencana Provinsi Riau tahun 2023 yang disampaikan oleh Ketua Tim Kerja Akses, Kualitas Layanan KB dan Kesehatan Reproduksi Supriyadi dan Rencana Operasional Program Bangga Kencana Provinsi Riau tahun 2024 oleh Ketua Tim Kerja Ketahanan Keluarga dan Pencegahan Stunting Said Masri.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala OPD KB, Kepala Bappeda Kepala Dinas Kesehatan, Ketua PC. IBI, Satgas Percepatan Penurunan Stunting Kabupaten/Kota Se Provinsi Riau dan Tim Kerja di Lingkungan Perwakilan BKKBN Provinsi Riau serta PKB/PLKB yang mengikuti secara daring. ***

Editor: Fahrul Rozi

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews