Perayaan Idulfitri 2024, BRIN Ungkap Posisi Bulan

LAMANRIAU.COM,PEKANBARU – Perayaan Idulfitri dipastikan akan berlangsung pada tanggal 10 April 2024, dan ada kemungkinan besar akan dirayakan secara bersamaan. Pernyataan tersebut disampaikan oleh Thomas Jamaludin, seorang peneliti di Pusat Riset Antariksa BRIN.

“Penentuan ini didasarkan pada posisi bulan yang sudah cukup tinggi. Di Jakarta tinggi bulan mencapai sekitar 6 derajat dengan elongasi sekitar 9 derajat,” kata Thomas, Selasa 9 April 2024.

Thomas menyatakan bahwa kriteria tersebut telah melampaui kriteria MABIMS (Menteri Agama Brunei, Indonesia, Malaysia, dan Singapura).

“Selain itu, juga sudah melebihi kriteria wujudul hilal yang digunakan oleh Muhammadiyah,” katanya.

Oleh karena itu, lanjutnya, Muhammadiyah telah mengumumkan dalam maklumatnya bahwa Idulfitri akan jatuh pada tanggal 10 April 2024.

“Namun, diharapkan hasil rukyat nanti dapat memastikan penentuan Idulfitri tanggal 10 April yang ditetapkan dalam sidang isbat,” ujarnya.

“Insyaallah, kemungkinan besar Idulfitri akan dirayakan besok secara bersamaan setidaknya oleh ormas besar. Pemerintah dan ormas besar juga memastikan bahwa perayaan Idulfitri akan seragam pada 10 April 2024,”.***

Editor: Fahrul Rozi/Penulis: M.Amrin Hakim

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews