Tingkatkan Kebersamaan, Lurah Sungai Jering Silaturahmi dengan Warga

Lurah Sungai Jering, Telukkuantan, Eka Putra, melakukan silaturahmi dengan warga, Jumat (3/5/2024) di Masjid Al Furqan.

LAMANRIAU.COM, TELUKKUANTAN – Lurah Sungai Jering Telukkuantan, Kecamatan Kuantan Tengah, Eka Putra, S.Sos, M.Si, mengadakan silaturahmi dengan warga dan perangkat kelurahan. Kegiatan diadakan, Jumat 03 Mei 2024 di Masjid Al Furqan, Sungai Jering, Telukkuantan.

Saat itu Eka Putra minta dukungan kepada perangkat yang ada di Kelurahan Sungai Jeriang dan tokoh masyarakat dalam menjalankan roda pemerintah kelurahan yang penduduknya heterogen.

“Tujuannya semata-mata agar tercipta kekompakan, kebersamaan dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat secara maksimal,” kata Eka.

Dalam kesempatan itu Eka mewakili lurah se-Kuansing juga menyampaikan permasalahan tentang penganggaran dana kelurahan yang sangat jauh berbeda dari dana desa.

“Oleh karena itu kami perlu melakukan langkah-langkah dan pengkajian ulang tentang pendanaan dana kelurahan, karena ketersediaan dana yang cukup akan mempengaruhi pelayanan di wilayah masing-masing kelurahan,” katanya.

Salah satu contoh bebernya, untuk saat ini insentif perangkat kelurahan untuk ketua Lingkungan Rp 350.000,- Ketua RW Rp 200.000,- dan dan Ketua RT Rp 150.000,-

“Jika dilhat dari insentif perangkat desa tentu belum maksimal. Sementara luas wilayah dan tanggung jawab juga lebih besar dari desa. Kami mengapresiasi para perangkat kelurahan yang tetap bekerja dengan baik selama ini,” katanya.

Namun kedepan, Eka, mengharapkan  kepada pemangku kepentingan agar dapat mendorong dan memfasilitasi agar ketersediaan dana yang cukup di kelurahan, sehingga dapat digunakan sesuai kebutuhan pelayanan di wilayah kerja masing-masing.

Dalam kesempatan itu Eka juga menerima berbagai masukan dari perangkat kelurahan yang hadir. Termasuk dari tokoh-tokoh masyarakat untuk kemajuan Kelurahan Sungai Jering ke depan.

Hadir pada silaturahmi ini para tokoh masyakat Kelurahan Sungai Jering seperti Muhjelan Arwan yang juga Kaban Kesbangpol Kuansing, H Maisir yang juga  Asisten II Setda Kuansing, para Ketua Lingkungan, RW dan RT serta jamaah Masjid Al Furqon.

Muhjelan Arwan menyambut baik langkah-langkah yang diambil Lurah Eka Putra. Menurutnya, komunikasi dan sinergitas lurah dan masyakat kunci kemajuan Kelurahan Sungai Jering.

Apalagi Kelurahan Sungai Jering merupakan kawasan yang berkembang cepat seperti fasilitas ekonomi, perdagangan dan pemukiman serta instansi pemerintah. Tentu hal ini sejalan dengan permasalahan sosial yang akan timbul akibat dinamika itu.

Ditambah lagi di Kelurahan Sungai Jering terdapat Kompleks Pemda Kuansing dan fasilitas strategis lain seperti Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Telukkuantan.

“Jadi pendekatan-pendekatan kepada masyarakat dan pemangku kepentingan oleh Lurah Sungai Jering ini langkah yang baik dan perlu diapresiasi guna mengantisipasi dinamika yang tinggi itu,” pungkas mantan Asisten Bidang Pemerintahan Setda Kuansing itu. ***

Editor: Suharman

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews