Jalur Padang-Bukittinggi Terputus Akibat Longsor di Lembah Anai

LAMANRIAU.COM, SUMATERA BARAT – Longsor terjadi di jalan lintas Sumatera di Lembah Anai, Tanah Datar, Sumatera Barat pada Sabtu malam, 11 Mei 2024. Akibatnya, jalur lintas Padang-Bukittinggi melalui Lembah Anai menjadi terputus.

Brigadir Teddy dari Satuan Lalu Lintas Polres Padang Panjang menyatakan bahwa longsor terjadi pada pukul 23.50 WIB di lokasi pelebaran jalan Lembah Anai. Kejadian longsor ini dipicu oleh hujan deras yang telah mengguyur sejak sore hari Sabtu.

“Saat ini, kendaraan dari arah Padang dihentikan di Lembah Anai, sedangkan yang dari arah Padang Panjang dihentikan di Kota Padang Panjang,” ujar Brigadir Teddy.

Polisi mengimbau masyarakat untuk mencari jalur alternatif jika ingin bepergian dari Padang ke Bukittinggi atau sebaliknya. Jalur alternatif yang bisa digunakan adalah melalui Padang-Pariaman-Lubuk Basung-Bukittinggi, dengan perkiraan waktu tempuh 3,4 hingga 4 jam.

Selain itu, beberapa jalur lain juga mengalami penutupan akibat longsor, yaitu Jalan Raya Batusangkar – Ombilin (Dobok dan Tengah Sawah Rambatan) dan Jalan Raya Batusangkar – Padang Panjang (Manunggal).

Untuk masyarakat yang ingin bepergian dari Padang ke Bukittinggi atau sebaliknya, disarankan untuk menggunakan jalur alternatif melalui Padang-Pariaman-Lubuk Basung-Bukittinggi. Tetap waspada terhadap kondisi jalan yang licin akibat hujan.***

Editor: Fahrul Rozi/Penulis: M.Amrin Hakim 

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews